Diklaim Berdaya Rekat Kuat, Segini Harga Lem Tikus di Indomaret & Alfamart

Produk lem tikus (sumber: lazada.co.id)Produk lem tikus (sumber: lazada.co.id)

merupakan hewan pengerat yang cukup mengganggu dan juga menjadi hama yang bisa merusak tanaman para petani. Di lingkungan permukiman, keberadaan berusaha ditekan dengan menggunakan perangkap atau jebakan , racun , hingga memakai produk . Banyak merek lem yang beredar di pasaran, termasuk lem Cap Gajah. Produk lem Cap Gajah dijual di seperti dan Alfamart dengan cukup terjangkau.

Di Indomaret misalnya, harga lem tikus Cap Gajah kotak 75 gram dibanderol Rp19.100, sedangkan di Alfamart harga lem tikus tube 100 ml Cap Gajah dijual Rp17.500. Produk satu ini diklaim memiliki daya rekat yang sangat dan tidak mengandung bau.

Selain dapat merusak perabotan dari kayu, kain, dan sejenisnya, tikus yang berkeliaran di rumah juga bisa saja membawa penyakit dan bakteri. Sayangnya mengusir atau membasmi tikus dari rumah memang tak selalu mudah. Menggunakan cara-cara alami seperti semprotan peppermint, lada bubuk, hingga irisan bawang kabarnya masih kurang efektif.

“Tikus selalu tinggal dekat manusia, dan bau-bauan yang biasa dipakai manusia itu bukanlah pembasmi tikus. Cara terbaik untuk mengusirnya tetap menggunakan racun tikus atau pun jebakan,” ujar juru bicara National Pest Management Association AS, Cindy Mannes, seperti dilansir dari Kompas.

Jebakan tikus berwujud jepit atau lem dinilai dapat menjadi cara yang lebih aman dibanding racun tikus, terlebih jika di rumah ada anak-anak. Namun, tikus pun rupanya bisa bersikap waspada terhadap jebakan yang dipasang oleh manusia. Saat manusia memasang 1 jebakan, tikus mungkin tak tahu jika itu adalah perangkap. Mereka akan bersikap waspada dan menyadari adanya hal yang berubah di lingkungannya.

Oleh sebab itu, tikus sering kali lolos dari perangkap. Menurut pakar hama tikus Robert Corrigan, perangkap tikus sebaiknya dibuat dengan umpan yang berbeda-beda selama beberapa hari. “Kita bisa memakai 8-10 umpan yang berbeda, misalnya remahan oatmeal, sedikit selai kacang, atau potongan kecil daging, selama tiga hari tanpa bermaksud menangkapnya. Setelah kita melatih mereka bahwa makanan itu bukan ancaman, baru pasang perangkap dengan umpan tersebut,” bebernya.

Loading...