Bisa Atasi Rembesan Oli Mesin Saat Darurat, Segini Harga Lem Threebond 1215

Proses Packing Mesin Motor - radarpekalongan.co.idProses Packing Mesin Motor - radarpekalongan.co.id

Permasalahan pelumas atau yang rembes di kepala silinder kerap terjadi karena sil atau paking perlu diganti. Seperti diketahui, seal tersebut umumnya terbuat dari karet yang mudah getas karena terkena panas atau pemakaian yang terlalu lama, sehingga mesin merembes keluar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut di kala darurat, motor rupanya bisa mengakali dengan solusi menggunakan lem paking seperti lem Threebond 1215. Berapa harga lem Threebond 1215 yang bentuknya seperti salep tersebut?

“Kalau dana mepet, untuk mencegah oli rembes bisa diakali pakai lem sealer dulu,” kata Suma, pemilik yang juga merangkap sebagai mekanik di Suma Jaya Motor, seperti dilansir dari Gridoto. Sebagian besar biasanya memakai sealer merk Threebond. “Pemakaiannya juga mudah, cukup oleskan lem Tribon di sekeliling area mesin yang rembes. Misalnya kalau buat head silinder dioleskan di atas sil-nya, lumayan kekuatannya untuk menghentikan oli yang rembes,” ucap Suma.

Adapun harga lem Threebond 1215 Grey original bisa dibanderol mencapai Rp350 ribu di pasaran. TB1215 adalah paking silikon RTV (vulkanisasi suhu kamar) semi-flowing, bebas pelarut, dan non-asam. Lem ini direkomendasikan untuk menyegel permukaan flensa, bagian sekrup dan sebagai penutup paking, untuk mencegah kebocoran oli, air, bensin, maupun bahan .

Lem Threebond 1215 dapat digunakan untuk semua mesin , sepeda motor, perahu, hingga ATV. Lem Threebond 1215 bisa dibeli di bengkel atau perlengkapan otomotif terdekat. Selain itu, banyak juga yang menjual lem ini secara online.

Meski cukup ampuh, perbaikan dengan cara ini umumnya tak akan bertahan lama karena panas mesin lama kelamaan akan mengurangi kemampuan lem untuk menahan rembesan oli. Jika sudah demikian, tentu saja oli akan rembes lagi.

“Kalau memang mau awet lagi lebih baik langsung ganti silnya saja sekalian. Kalau sil head silinder juga harganya enggak seberapa. Kecuali untuk sil bak kopling yang memang lumayan mahal, untuk mengakalinya ya pakai lem Tribon saja dulu,” tutur Suma.

Loading...