Cocok untuk Merekatkan Kayu, Harga Lem One Step Glue Mulai Puluhan Ribu Rupiah

Merekatkan Kayu Menggunakan Lem - www.basekim.comMerekatkan Kayu Menggunakan Lem - www.basekim.com

Material seperti kayu ternyata bisa direkatkan menggunakan atau perekat seperti One Step Glue. Wood glue atau khusus kayu One Step ini tersedia dalam beberapa kemasan, mulai dari 250 gram, 500 gr, 1 kg, hingga kemasan sak isi 25 kilogram. Harga One Step tentunya dibanderol , tergantung kemasannya.

Adapun harga One Step Glue 250 g dipatok Rp35 ribu, kemasan 500 gram harganya Rp69 ribu, kemasan 1 kilo harganya Rp135 ribu, dan yang paling besar kemasan 25 kg dijual seharga Rp1,2 juta. “Diproduksi oleh PT Intanwijaya Internasional Tbk di Indonesia, One Step Glue adalah lem kayu yang menghasilkan ikatan yang sangat baik pada material berpori dan semi porous seperti kayu lunak atau keras, kayu lapis, papan partikel, Medium Density Fiberboard (MDF), Oriented Strand Board (OSB),” demikian klaim perusahaan.

Lem kayu One Step merupakan resin urea formaldehida siap pakai yang hanya perlu dicampur dengan air sebelum digunakan. Kelebihan lainnya, lem khusus kayu ini tidak membutuhkan pengeras atau pengepres panas (hot press). Lem One Step disebut sangat cocok diaplikasikan pada lantai parket/kayu, furnitur kayu, dan kerajinan berbahan kayu lainnya. Sebelum mixing, warna lem ini cenderung cokelat terang, namun setelah dicampur maka warnanya berubah jadi coklat tua. Daya tahan lem One Step bisa mencapai 6-9 bulan pada suhu 30°C.

“Salah satu keunggulan One Step Glue adalah sifatnya yang tidak mudah terbakar. Dibandingkan PVAc (lem putih) dan Solvent (lem kuning), One Step Glue juga tidak mudah menyusut,” imbuh pihak One Step Glue.

Yang lebih menarik lagi, selain digunakan sebagai perekat kayu yang andal, One Step Glue juga bisa dimanfaatkan sebagai dempul (filler) untuk kayu berlubang. Cara atau petunjuk penggunaannya mudah. Cukup campurkan bubuk lem One Stop dengan air (rasio proporsional 1 [air] : 3 [bubuk lem]). Kemudian aduk rata dan pastikan kondisi fisik adukan kental menyerupai pasta. Lalu, aplikasikan lem pada kayu yang berlubang. Rasio adukan lem bisa disesuaikan dengan kebutuhan aplikasi.

Loading...