Harga Lebih Murah, Permintaan Cat Kiloan untuk Tembok Ternyata Terus Meningkat

Cat Kiloan - www.bukalapak.comCat Kiloan - www.bukalapak.com

tembok yang beredar di memang bervariasi. Namun semakin bagus kualitasnya biasanya jual cat tembok itu pun akan semakin mahal. Tidak semua kalangan mampu membeli cat-cat bermerek yang harganya mencapai ratusan ribu . Oleh sebab itu kehadiran cat tembok curah atau cat kiloan benar-benar dianggap sebagai penolong bagi masyarakat, terutama kalangan menengah ke bawah.

Berbeda dari cat tembok bermerek, harga cat kiloan untuk tembok relatif terjangkau, hanya berkisar antara belasan hingga puluhan ribu rupiah saja. Cat tembok kiloan tersebut biasanya dibedakan berdasarkan atau grade kualitasnya. Sebagai contoh, cat kiloan cap Nazar Paint grade standar hanya dijual dengan harga Rp 9.500 saja per 1 kg, kemudian grade Pro (setara Vinilex) dihargai Rp 13.500, Super harganya Rp 15.500, dan Weather shield glossy/multiguna (setara Dulux) harganya hanya Rp 30 ribu per kilogram.

Tak kalah dari merek-merek terkenal, cat kiloan untuk tembok pun hadir dengan berbagai menarik. Warna-warna yang ditawarkan biasanya bernuansa cerah dan ada yang memiliki hasil akhir atau finishing mengkilat (glossy) dan ada pula yang hasil akhirnya doff. Konsumen bisa memilih sendiri cat kiloan seperti apa yang paling disukai untuk tembok rumahnya. Selain untuk tembok, cat kiloan tersebut kabarnya juga bisa diaplikasikan untuk material lain seperti Styrofoam, triplek, dan GRC.

Dari tahun ke tahun cat kiloan pun kabarnya terus meningkat. “Setiap tahun cat curah terus naik,” kata Fatimah, distributor cat curah di Bojonggede, Bogor, Jawa Barat, seperti dilansir Kontan. Menurut Fatimah, paling besar biasanya datang ketika menjelang bulan puasa dan Lebaran.

Selain laku di tingkat pembeli eceran, sebanyak lebih dari 40% peminat cat kiloan juga berasal dari pengembang perumahan, gedung, dan perkantoran di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. “Permintaan cat curah juga meningkat saat harga cat bermerek naik,” katanya.

Seiring dengan tingginya permintaan, saat ini juga semakin banyak orang yang mulai terjun ke dunia pembuatan cat kiloan. Pasalnya jumlah pasokan masih lebih kecil dibandingkan permintaan. Oleh sebab itu pengusaha yang ingin menekuni ini disarankan untuk lebih kreatif. “Pasar cat makin kompetitif,” kata Rudiyanto, pemilik pabrik cat curah di Bekasi.

Loading...