Harga Lebih Murah Mana, Kusen UPVC vs Aluminium?

Ilustrasi : Kusen Upvc pada pintu dan jendela - kusen.co.id

Masyarakat perkotaan kini sudah banyak yang mulai beralih mencari pengganti kayu untuk komponen tertentu dalam sebuah hunian, misalnya saja pintu atau kusen. Beberapa yang kini banyak dilirik sebagai kusen adalah UPVC dan aluminium. Bagaimana kira-kira perbandingan antara kusen UPVC vs aluminium dari segi harga dan ?

“Memang sulit untuk membandingkan keduanya. Namun sebagai catatan, sambungan sudut aluminium kebanyakan hanya menggunakan sekrup sehingga mudah lepas dan memuai. Akibatnya kaca yang dipegang kusen tersebut mudah terlepas. Walaupun jarang, dari sambungan ini air dapat merembes masuk,” kata arsitek Wilopo Rusmadji, seperti dilansir Rumahpantura.

“Sementara itu, UPVC disambung langsung di pabrik dengan menggunakan pembakaran atau pemanasan sehingga lebih kuat dan lebih tahan bocor. Kusen yang terbuat dari UPVC juga dilapisi dengan bahan fire retardant yang bisa memperlambat laju api,” sambung Wilopo.

Kusen UPVC (unplasticized Poly Vinyl Chloride) sendiri merupakan pengembangan dari kusen PVC yang biasanya hanya dipakai sebagai material indoor, sehingga kurang kuat dan mudah patah. Sedangkan material UPVC adalah material turunan plastik yang sifat plastisnya diminimalisir agar bentuknya menjadi lebih keras atau berkurang kelenturannya.

Material buatan pabrik tersebut diklaim lebih tahan serangan rayap, perubahan cuaca, dan tak mudah keropos. Apabila dibandingkan aluminium, UPVC lebih tahan terhadap muai susut. Tak heran jika harga kusen UPVC pun relatif lebih mahal daripada kusen aluminium. Di pasaran ada beberapa pilihan atau warna kusen UPVC, yakni UPVC putih dengan harga Rp 170 ribu per meter, UPVC coklat/hitam harganya sekitar Rp 230 ribuan per meter, hingga UPVC motif serat kayu dibanderol Rp 280 ribu per meter.

Sementara itu, kusen aluminium sebenarnya juga memiliki kelebihan seperti tahan lama dan tampilannya lebih ramping. Sayangnya model kusen aluminium kurang variatif dan pemasangannya relatif lebih sulit karena memakai fischer. Akan tetapi harga kusen aluminium memang rata-rata lebih dari UPVC, yakni sekitar Rp 55 ribuan hingga Rp 150 ribuan per meter, tergantung merk, , dan warnanya.

Loading...