Harga Lebih Murah dari Minyak Zaitun, Minyak Jagung Diklaim Efektif Turunkan Kolesterol

Minyak Jagung - gayahidup.republika.co.idMinyak Jagung - gayahidup.republika.co.id

Selain dari kelapa sawit, goreng untuk memasak juga bisa berasal dari berbagai lainnya seperti jagung, sayur, zaitun, hingga canola. Masing-masing tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dibandingkan dengan zaitun alias olive oil, ternyata jagung (corn oil) memiliki harga yang lebih murah dan disebut-sebut lebih efektif menurunkan kolesterol dalam tubuh dibandingkan zaitun.

Berdasarkan sebuah di Biofortis, Amerika Serikat yang dilakukan terhadap 54 pria dan wanita sehat menemukan hasil bahwa minyak jagung mampu menurunkan kolesterol LDL hampir mencapai 11 persen dibanding minyak zaitun extra virgin yang harga dapat mengurangi sekitar 3,5 persen saja.

Menurut para peneliti, minyak jagung lebih efektif dalam mengurangi kadar kolesterol daripada extra virgin olive oil lantaran memiliki kadar sterol yang lebih besar. Sterol sendiri merupakan zat yang banyak terkandung dalam kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak sayur.

“Hasil studi menunjukkan minyak jagung memiliki efek signifikan lebih besar pada kadar kolesterol darah daripada minyak zaitun extra virgin, karena sebagian besar memiliki kemampuan alami kolesterol-blocking sterol,” kata Dr. Kevin C Maki, peneliti dari Biofortis seperti dilansir Republika.

“Temuan ini menambah orang-orang dari penelitian sebelumnya yang mendukung dari minyak jagung kesehatan jantung, dan menyelaraskan dengan rekomendasi untuk mengganti lemak jenuh dengan lemak tak jenuh, seperti yang ditemukan dalam minyak jagung,” sambungnya. Kolesterol sendiri adalah salah satu risiko timbulnya jantung yang merupakan penyebab utama kematian di negara Amerika Serikat.

Sebagai informasi, minyak jagung kini sudah banyak dijual di Indonesia baik di supermarket maupun di mini market seperti Alfamart dan Indomaret. Harga minyak jagung dibanderol cukup bervariasi, tergantung merek dan ukurannya.

Di Alfamart, harga minyak jagung merk Tropicana Slim ukuran 946 ml adalah Rp 61.600, sedangkan yang ukuran 1.000 ml (1 liter) harganya Rp 71.500. Tak hanya Tropicana Slim, ada pula merek-merek lain seperti Golden Bridge minyak jagung per 1 L harga Rp 49.100 dan 2 liter Rp 94.300, Dougo Corn Oil 1 liter harga Rp 85.800, dan Mazola 3,5 liter Rp 237.500.

Loading...