Harga Lebih Mahal, Ini Keunggulan Isi Ban dengan Nitrogen di SPBU

Harga Isi Ban dengan Nitrogen di SPBU

Jika ban bermotor Anda kempes, kini ada opsi untuk mengisi tekanan angin pada ban selain oksigen, yaitu dengan nitrogen. Outlet yang menyediakan pengisian tekanan angin pada ban menggunakan nitrogen ini biasanya dapat dijumpai di Stasiun Pengisian Bakar Umum (SPBU). Meski harganya lebih dibandingkan dengan angin biasa, namun ada banyak kelebihan menggunakan nitrogen, salah satunya tekanan ban terjaga lebih lama.

“Di samping ramah , pengisian dengan nitrogen juga memiliki beberapa kelebihan, misalnya tekanan ban terjaga lebih lama, daya cengkeram dan kinerja ban menjadi lebih optimal, menghemat bahan bakar, dan memperpanjang umur ban,” ujar instruktur senior Indonesia Road Safety (IRSA), Poedyo Santosa. “Selain itu, juga dapat meningkatkan keselamatan karena stabilitas ban lebih terjaga, selain membantu mengurangi karat.”

Keuntungan lainnya, Poedyo melanjutkan, ban yang diisi dengan nitrogen tidak perlu dicek secara rutin karena sudah stabil. Bila ingin dicek, bisa dilakukan maksimal satu bulan sekali. “Sementara, untuk ban yang diisi dengan tekanan angin, lebih baik diperiksa sekitar dua minggu sekali,” saran Poedyo.

Meski memiliki banyak , namun ternyata pengisian tekanan angin pada ban menggunakan nitrogen lebih cocok diterapkan pada motor besar dan untuk motor yang digunakan perjalanan jarak jauh. Pasalnya, nitrogen memiliki molekul yang ringan, dingin, dan lebih stabil. “Sebaliknya, untuk motor kecil, seperti skuter matik dan moped, yang punya bobot ringan, molekul pada nitrogen yang ringan dan dingin justru akan membuat motor terlalu enteng,” kata pemilik bengkel ‘ Ban Motor’, Aldrin.

Untuk pengisian awal nitrogen ban mobil, pelanggan biasanya dikenakan Rp10.000 dan Rp3.500 untuk tambah angin. Sementara, pengisian awal nitrogen untuk sepeda motor adalah sebesar Rp5.000 dan tambah angin Rp2.500. Adapun untuk tambal ban, adalah sebesar Rp15.000 untuk sepeda motor dan Rp25.000 untuk kendaraan roda empat.

Loading...