Harga Lebih Ekonomis, Bata Congkak Jadi Pilihan Hemat untuk Membangun Rumah

Bata Congkak - blogkuada.blogspot.co.idBata Congkak - blogkuada.blogspot.co.id

Sebelum memutuskan membangun , ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan, termasuk material atau . Dalam memilih bangunan untuk tentunya harus menyesuaikan dengan dan juga yang dimiliki. Selain bata merah, hingga kini masih banyak orang yang menggunakan bata congkak atau batako untuk membangun . Alasannya sederhana, bata congkak umumnya lebih murah dibandingkan bata merah atau putih.

Material bata congkak biasanya terbuat dari campuran semen dan pasir kasar yang dicetak padat atau dipress. Ada pula yang membuat bata congkak dengan campuran batu tras, kapur, dan air. Harga bata congkak press kerap dijual lebih mahal dibandingkan batako press manual, sebab ukuran bata congkak press lebih presisi dibandingkan yang dicetak secara manual.

Di pasaran, bata congkak dijual dengan harga yang bervariasi, tergantung dari kualitas dan ukurannya. Batako press ukuran 40 x 19 x 10 cm dijual dengan harga sekitar Rp 3.000 per buah. Kemudian untuk batako lubang ada yang dijual dengan harga Rp 2.000 hingga mencapai Rp 5.500 per biji untuk jenis hydraulic press.

Proses pengerjaan dinding menggunakan bata congkak relatif lebih cepat dibandingkan dengan material batu bata merah, sehingga dapat menghemat . Meski demikian, pengerjaan dinding dengan bata congkak biasanya perlu material tambahan berupa semen dan pasir. Material semen ini dibutuhkan untuk mengisi lubang atau ruang kosong pada bata congkak. Lubang tersebut sedianya ditujukan untuk meredam hawa panas di dinding. Namun pada akhirnya daya serap batako masih kalah baik dari bata merah.

Hal itu pula yang menjadi kelemahan bata congkak. Lubang yang ada pada bata congkak membuat dinding lebih rapuh dan berpotensi menyebabkan adanya retak rambut pada dinding. Di samping itu, dinding dari batako juga relatif sulit ketika hendak dipaku. Oleh sebab itu banyak yang kemudian beralih menggunakan bata merah atau material jenis lainnya.

Terlepas dari itu semua, bata congkak rupanya memiliki kelebihan dari segi ketahanan terhadap api. “Bata congkak mempunyai ketahanan terhadap api selama 4 jam, lebih baik daripada bata merah yang mempunyai ketahanan terhadap api hanya selama 2 jam. Umumnya bata congkak mempunyai rongga di tengahnya yang timbul saat proses pengepresan. Rongga ini selain berfungsi untuk menghemat bahan, juga berguna untuk mengurangi bobot bata congkak itu sendiri,” demikian seperti dilansir dari Wijaya Concrete.

Loading...