Harga Lebih dari Rp 700 Juta, Berapa Pajak Tahunan Mobil Mini Cooper?

Ilustrasi: pajak tahunan mobil Mini CooperIlustrasi: pajak tahunan mobil Mini Cooper

Memiliki tentu menjadi impian hampir setiap orang. Tetapi, di Indonesia khususnya, kepemilikan mobil sangat erat kaitannya dengan tanggungan tahunan yang cukup tinggi. Untuk mobil tipe misalnya, per tahun bisa berkisar antara Rp 8 jutaan hingga Rp 10 jutaan.

MINI sendiri merupakan perusahaan otomotif asal Britania Raya yang dimiliki oleh BMW. Salah satu varian legendaris dari MINI tentu saja adalah MINI Cooper. Mobil satu ini tergolong kendaraan mewah yang di Indonesia harganya memang selangit. Untuk varian Mini Cooper 3 pintu misalnya, saat ini dibanderol dengan sekitar Rp 720 juta.

Namun beberapa waktu lalu marketplace Bukalapak mengadakan promo menarik dengan menjual MINI Cooper seharga Rp 12 ribu saja. Promo saat Harbolnas Bukalapak ini tak disangka dimenangkan oleh seorang driver ojek () yang kebetulan sedang beruntung, Dedi Haryadi. Tetapi rupanya untuk membawa pulang MINI Cooper berwarna merah itu ada sejumlah dana yang harus ditanggung oleh Dedi.

“Ini bukan hadiah soalnya. Jadi yang dia bayar adalah pajak mobil/motornya, untuk urus surat, dan lain-lain,” ujar PR Executive Bukalapak, Miftachur Rochman, seperti dilansir Kumparan. “Besaran pajaknya tergantung dari barang serbuan yang didapat oleh penyerbu terpilih. Untuk mobil Mini Cooper sekitar 30 persen,” sambungnya.

Apabila dihitung dengan kalkulasi pajak 30%, maka pajak untuk Mini Cooper yang harus dibayarkan oleh Dedi sekitar Rp 216 juta. Tetapi bila mengacu pada Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Permendagri) No. 29 Tahun 2012 tentang Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, varian Mini Cooper 3-door ini akan dikenai BBN KB dengan rumus Rp 720 juta x 10/10 = Rp 72 juta.

Kemudian PKB yang wajib dibayar tiap tahun sebesar Rp 720 juta x 1,5/100, yakni Rp 10,8 juta. Jadi keseluruhan pajak (BBN KB dan PKB) yang harus dibayarkan oleh Dedi berkisar Rp 82,8 juta. Tipe Mini Cooper lainnya yang keluaran lawas seperti Mini Cooper Super Charge A/T tahun 2006 pajak tahunannya sekitar Rp 8,2 jutaan, sedangkan Mini Cooper S Turbo A/T tahun 2010 dikenai pajak tahunan berkisar Rp 8,6 jutaan.

Loading...