Punya Rasa Enak & Kualitas Terbaik, Ini Deretan Kurma dengan Harga Termahal

Harga Kurma - www.honestdocs.idHarga Kurma - www.honestdocs.id

dikenal sebagai atau kudapan yang banyak disantap oleh , terutama saat bulan puasa Ramadan. Seperti diketahui, kurma ada banyak, mulai dari yang paling murah hingga yang termahal. Setidaknya ada beberapa jenis kurma yang digadang-gadang sebagai kurma paling mahal di dunia.

Di Indonesia misalnya, kurma yang disebut-sebut sebagai kurma termahal adalah kurma Ajwa alias kurma nabi. Kurma yang kabarnya merupakan kurma Nabi Muhammad SAW ini di Pasar Tanah Abang Jakarta dengan harga mencapai Rp350 ribu per 1 kilogram. “Kurma Ajwa itu dikenal sebagai kurma yang sering dikonsumsi oleh Rasul (Nabi Muhammad SAW),” ujar Kurnia Purna Yudha, salah satu pedagang kurma di Pasar Tanah Abang seperti dikutip dari Antara.

Kurma ajwa memiliki tekstur daging buah yang lembut dan akan terasa meleleh ketika dikunyah. Tak cukup sampai di situ, kurma nabi pun dipercaya kaya akan kandungan protein, karbohidrat, serat, dan lemak baik. Selain itu, kurma lezat ini juga mengandung vitamin A, B6, C, E, dan K, serta mineral seperti potasium, magnesium, fosfor, sodium, zat besi, zink, tembaga, mangan, dan selenium.

Selain kurma ajwa, masih ada beberapa macam kurma termahal lainnya di pasaran. Misalnya saja kurma medjool VVIP yang dengan harga Dh120 atau sekitar Rp471 ribu per kg, kemudian kurma ambar yang harganya juga berkisar Rp471 ribu per kilo. Ada pula kurma zaghloul yang disebut-sebut sebagai kurma yang paling manis, kurma sekki, kurma amer hajj, kurma deglet noor, hingga kurma khidri yang dikenal sebagai kurma terenak.

Setidaknya ada sejumlah yang bisa mempengaruhi rasa dari kurma. Kabarnya asal usul pohon kurma jadi salah satu penting yang menentukan rasa buah kurma. Nah, iklim di daerah Timur Tengah juga merupakan salah satu tempat dengan iklim terbaik di dunia untuk menanam pohon kurma.

Bentuk fisik dan sifat kimia yang berbeda pada buah kurma pun berperan penting untuk menentukan harga kurma, selain nilai gizi, ukuran, ketebalan, kelembutan, dan rasa manis pada buah kurma. Menurut Abu Dhabi Food Control Authority (ADFCA), ukuran, bentuk, serta rasa juga sangat menentukan kualitas dan harga banderol kurma.

Loading...