Banyak Dicari Saat Bulan Puasa, Harga Kurma Sukari per Kilo Mulai Rp110 Ribuan

Harga Kurma per Kilo - www.honestdocs.idHarga Kurma per Kilo - www.honestdocs.id

Kurma menjadi sajian yang banyak diburu oleh , terutama ketika menjelang momen bulan puasa Ramadan. Ada banyak kurma yang diperjual-belikan di , mulai dari kurma khalas, palm fruit, medjool, tunisia, kurma ajwa atau kurma nabi, hingga kurma sukari. Kurma-kurma tersebut biasanya didatangkan langsung dari Arab sana dan di dengan harga per kilo yang beragam.

Kurma sukkari dari Madinah misalnya, dijual dengan harga antara Rp110 ribu hingga Rp150 ribu per 1 kilogram (kg). Lalu ada juga kurma medjool seharga Rp225 ribu sekilo, kurma nabi yang diimpor dari Mekah langsung harganya berkisar Rp300 ribu per kg, dan kurma khalas cukup murah, hanya sekitar Rp65 ribu per kg.

Saat Ramadan rupanya omzet penjualan kurma di Pasar Tanah Abang bisa meningkat drastis hingga 100%. “Peningkatannya pesat sekali dibanding Ramadhan tahun lalu,” ujar Yulia, salah satu kurma di Pasar Tanah Abang, Jakarta saat bulan puasa beberapa waktu lalu, seperti dilansir Republika.

Yulia mengungkapkan bahwa pada Ramadan tahun lalu usahanya dalam sehari dapat meraup keuntungan hingga Rp5 juta. Sedangkan pada bulan Ramadan tahun ini per hari keuntungannya mencapai Rp10 juta. “Harga kurma masih sama seperti sebelum Ramadhan, tidak ada kenaikan dan kualitasnya pun sama bagus,” tutur Yulia.

Tak hanya para pedagang di pasar tradisional, Hafsah, Lubuk Buaya, Kota Padang, Sumatera Barat yang berjualan kurma dari rumah dengan memanfaatkan gadget untuk pun kabarnya juga meraup keuntungan yang berlipat ketika Ramadan. Dengan modal awal yang tak seberapa, Hafsah mengaku berhasil meraih untung antara belasan hingga puluhan juta dalam tiap periode penerimaan barang (kurma).

“Kalau saya sejak tiga tahun lalu sudah mulai menjalani bisnis berjualan kurma. Ditawari oleh teman, kebetulan dia juga importir kurma. Nah, saya coba saja, ternyata menghasilkan dan cukup menjanjikan. Kalau yang paling banyak dibeli itu adalah kurma sukari, karena harga menengah ke bawah, tekstur lembut dan basah,” ujar Hafsah.

Hafsah menjelaskan, saat bulan puasa permintaan terhadap buah kurma cenderung meningkat, sehingga tiap minggu ia bisa mengimpor hingga ratusan kilogram kurma. “Biasanya barang yang akan dikirim itu, saya minta sampelnya dan lihat masa berlakunya. Saya lebih banyak menjual dengan sistem , di media sosial. Jika ada yang pesan maka akan diantar,” tandasnya.

Loading...