Lebih Murah dari Kemasan Pack, Segini Harga Kurma Curah per Kilo di Pasaran

Harga Kurma Curah - www.bukalapak.comHarga Kurma Curah - www.bukalapak.com

Kurma merupakan yang paling banyak diburu ketika memasuki bulan Ramadan. Biasanya mencari kurma yang sudah dikemas dalam pack atau banyak juga yang membeli kurma curah per kilo. kurma curah per kg umumnya relatif lebih murah dibandingkan kurma yang sudah dikemas rapi. Ada banyak kurma yang disukai oleh masyarakat, mulai dari kurma khalas, kurma sukari, kurma golden valley, kurma medjool, kurma palm fruit, hingga kurma nabi.

Pada Ramadan tahun ini misalnya, omzet kurma di Tanah Abang, Jakarta rupanya meningkat hingga 100% dibandingkan momen yang sama tahun lalu. “Peningkatannya pesat sekali dibanding Ramadhan tahun lalu,” ujar Yulia, salah satu pedagang kurma di Tanah Abang, seperti dilansir Antara.

Ia mengaku pada Ramadan tahun lalu ia mampu meraup keuntungan hingga Rp5 juta. Akan tetapi pada bulan Ramadan tahun ini Yulia dapat menghasilkan keuntungan mencapai Rp10 juta per hari dari berjualan kurma. “Harga kurma masih sama seperti sebelum Ramadhan, tidak ada kenaikan dan kualitasnya pun sama bagus,” ucap Yulia.

Lebih lanjut Yulia menerangkan, harga kurma curah seperti jenis khalas per 1 kg termurah Rp35 ribu, kurma jenis Mesir Rp45 ribu per 1 kilogram, kurma madinah madu Rp50 ribu per kilo, tunisia curah tanpa tangkai Rp65 ribu per kilo, tunisia curah dengan tangkai harganya Rp80 ribu per kg, kurma sukari dari Madinah Rp110 ribu per kg, medjool Rp225 ribu per kg, dan kurma nabi ajwa harganya paling mahal, mencapai Rp300 ribu per 1 kg.

“Satu pekan sebelum Ramadhan omzet puluhan juta , dua kali lipat dari hari biasanya, pokoknya kalau Ramadhan dan Lebaran Haji, mantap betul,” jelas pedagang lainnya bernama Gofur. Ia juga menuturkan bahwa tiap tempat dan pedagang memiliki patokan harga yang berbeda-beda, biasanya mulai Rp40 ribu – Rp350 ribu.

Gofur menerangkan, kurma nabi paling mahal karena berasal dari Mekah. Kurma jenis ini memiliki hitam pekat, buahnya berukuran lebih besar, dan kering. “Biasanya ini buat obat diabetes, jantung, stroke, dan darah tinggi. Banyak yang mencari buat pengobatan,” ungkapnya.

Loading...