Ukurannya Besar & Punya Sayap Cantik, Berapa Harga Kupu-kupu Gajah?

Harga Kupu-kupu Gajah - (YouTube: Edu Vid)Harga Kupu-kupu Gajah - (YouTube: Edu Vid)

Kupu-kupu memang yang indah, terutama saat mengembangkan sayapnya. kupu-kupu di dunia pun sangat beragam. Salah satu yang langka dan juga unik adalah kupu-kupu gajah. ini disebut kupu-kupu gajah karena ukurannya yang memang cukup besar dibanding kupu-kupu biasa. Untuk kepompong kupu-kupu gajah saja bisa dengan harga ratusan ribu .

Kupu-kupu gajah atau yang memiliki nama ilmiah Attacus atlas sebenarnya tergolong ngengat bertubuh besar yang aktif mencari makan di malam hari. Kupu-kupu gajah ini menyebar luas di tropis dan subtropis Asia Tenggara; umum ditemukan di Kepulauan Nusantara. Dalam Bahasa Inggris, kupu-kupu gajah disebut Atlas moth.

Menariknya, kupu-kupu gajah sering dianggap sebagai ngengat terbesar di dunia, khususnya berkaitan dengan luas permukaan sayapnya yang bisa sampai 400 cm2, dengan rentang sayap yang lebarnya mencapai lebih dari 25 cm. Di salah satu situs jual-beli pun rupanya ada yang menjual kepompong kupu-kupu gajah dengan harga yang cukup fantastis, yakni Rp598 ribu.

Awal tahun 2020 lalu bahkan kabarnya kupu-kupu gajah cukup sering bermunculan di Desa Langai, Kecamatan Panarukan, Situbondo. Menurut salah seorang warga bernama Anang, kupu-kupu dengan sayap yang terlihat indah ini biasanya datang ketika malam tiba. Dalam kurun waktu sebulan sempat ada 3 jenis kupu-kupu besar yang sempat hinggap di lingkungannya.

“Ketiga kupu-kupu tersebut memiliki berbeda-beda dengan yanb nyaris sama. Kupu-kupu raksasa ini termasuk spesies langka dan unik, jarang dapat dijumpai di lingkungan sekitar,” ujar Anang, seperti dilansir Pojokpitu. Walaupun unik, warga sekitar hanya mengabadikan momen itu dengan hp dan dibiarkan begitu saja.

Kupu-kupu gajah bermanfaat ketika masih menjadi ulat keket. Ulat keket akan menghasilkan benang sutera yang dikenal dengan sutera liar atau sutera alam. Sutera liar dinilai mempunyai banyak keunggulan dibanding sutera hasil peliharaan ulat Bombyx mori. Kain sutra liar dikenal lebih sejuk ketika digunakan, tahan kusut, anti alergi, hingga memiliki warna yang eksklusif. Beberapa orang juga ada yang menangkap kupu-kupu gajah untuk diawetkan dan dijadikan pajangan.

Loading...