Oleh-oleh Unik Khas Sukabumi, Harga Kue Mochi Dibanderol Terjangkau

Kue Mochi Khas Sukabumi - foodnesia.net

Mochi atau moci dikenal sebagai kue Jepang yang terbuat dari beras ketan, ditumbuk agar lembut dan lengket, lalu dibentuk menjadi bulat. Kue yang manis dan legit ini kerap dihidangkan ketika perayaan tradisional maupun perayaan Jepang. Uniknya, selain di Jepang ternyata Kota Sukabumi juga berjejal toko-toko yang menjual kue mochi dengan ciri khasnya sendiri. Kue satu ini hadir dengan varian rasa dan harga yang beragam.

Menurut pengamat sejarah Sukabumi Irman Firmansyah, kue mochi berkembang di Sukabumi sekitar 1960-an, di mana industri mochi tua yang masih ada adalah Moci 39 yang bertempat di Jalan Otto Iskandardinata dan Mochi Ahmad Yani yang ada di dekat traffic light Jalan Ahmad Yani, Kota Sukabumi.

“Rasanya cukup enak dan menjaga varian originalnya sehingga disukai oleh para orang tua atau yang punya kenangan Mochi di Sukabumi. Sedangkan Mochi lain sudah banyak varian dan rasanya,” terang Irman, seperti dilansir Sukabumiupdate.

Sebelum 2000, kue yang bercita rasa manis ini hanya tersedia dalam 3 varian rasa, yaitu keju, cokelat, dan kacang. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan zaman rupanya varian rasa kue mochi di Sukabumi terus berkembang menjadi belasan varian, seperti durian, strawberry, wijen coklat kacang, blueberry, green tea, cookies & cream, Ovomaltine, Nutella, Kitkat, dan masih banyak lagi.

Sebagai contoh, produk Moci 39 Otista dijual dengan mulai Rp10 ribu per isi 8 butir. Kemudian ada Mochi Lampion Kaswari dengan Rp50 ribu isi 36 butir varian rasa kacang atau Rp45 ribu isi 15 butir untuk varian rasa keju atau cokelat. Ada pula Mochi A Yani dengan harga Rp25 ribu, Mochi Berkah MK149 seharga Rp99.800, Mochi Sukabumi Mochio dengan harga mulai Rp9 ribu, Mochi Bakat Jaya Rp67 ribu, Mochi Bagja mulai Rp35 ribu, Mochi Gumujeng Rp30 ribu, Mochi Setia 84 seharga Rp25 ribu, hingga Mochi An Nur Sukabumi yang dengan harga mulai Rp25 ribu.

Loading...