Punya Citarasa Tinggi, Ini Harga Kopi Robusta Dampit 1 Kg

KopiIlustrasi : Kopi yang siap diminum - detik.com

MALANG – Merupakan negara kepulauan dan punya curah hujan yang baik, kopi asal dikatakan punya yang mumpuni. Nah, salah satu yang dianggap terbaik adalah kopi robusta Dampit, Kabupaten Malang. Dikatakan punya rasa yang unik, bubuk kopi ini di dalam negeri mulai Rp70 ribuan untuk kemasan 1 kg.

Tidak sulit menemukan kopi robusta khas Dampit, Malang. Anda bisa membeli bubuk kopi ini jika kebetulan berkunjung ke Malang atau via beberapa situs jual beli . Jika membeli langsung ke , untuk yang , harganya berkisar Rp50 ribuan per kg, sedangkan non- Rp25 ribuan per kg. Sementara, apabila Anda beli via situs e-commerce, harganya rata-rata Rp70 ribuan per kg, tetapi ada juga yang menjualnya dengan banderol Rp90 ribu, bahkan mencapai Rp256 ribuan per kg.

“Indonesia memiliki kopi yang sangat bagus, ini dikarenakan faktor kepulauannya, curah hujan yang baik,” ujar pakar kopi dunia asal Meksiko, Manuel Diaz, saat berkunjung ke Dampit pada Januari 2019 kemarin. “Indonesia sebenarnya mempunyai koleksi genetik kopi yang besar, tetapi sayangnya tidak diperlakukan dengan baik. Akar pohon bengkok, sehingga pohon kopi tersebut tidak berumur panjang.”

Tanaman kopi yang dominan robusta ini tumbuh di kawasan lereng Gunung Semeru dengan luas keseluruhan mencapai 15 ribu hektar. Selain dengan citarasa tinggi, kopi Dampit juga memiliki harga premium lebih tinggi di tingkat nasional. Hal tersebut yang membuat kopi Dampit saat ini diklaim sudah menggaung di sekitar 45 negara dunia.

“Kopi Dampit mewakili nama besar kopi Kabupaten Malang yang populer dengan sebutan Amterdam (Ampelgading, Tirtoyudo, dan Dampit),” jelas penyuluh pertanian DTPHP Kabupaten Malang untuk Kecamatan Dampit, Jajang Slamet Soemantri. “Selain dengan citarasa yang sangat tinggi, kopi Dampit juga memiliki harga premium lebih tinggi di tingkat nasional.”

Hampir senada, Kepala DPHTP Kabupaten Malang, Budiar Anwar, menuturkan bahwa kopi robusta organik Dampit termasuk pertanian unggulan asli Kabupaten Malang. Menurutnya, kopi tersebut memiliki prospek yang bagus berasing di pasaran. “Keunggulan kopi organik Dampit adalah lebih menyehatkan karena tanpa menggunakan pestisida atau zat kimia pertanian lainnya,” kata Budiar.”

Loading...