Penting untuk Nutrisi Ternak, Harga Konsentrat Sapi Perah Mulai Ribuan Rupiah per Kg

Konsentrat Sapi Perah - www.hubbardfeeds.comKonsentrat Sapi Perah - www.hubbardfeeds.com

Beternak sapi perah pada dasarnya cukup menguntungkan. Dibandingkan dengan sapi potong, sapi perah kabarnya akan mendatangkan pemasukan setiap hari karena sapi tersebut dapat diperah setiap hari dan dijual ke pasaran. Untuk dapat menghasilkan sapi yang berkualitas tentunya sapi perah perlu dipelihara dengan benar, mulai dari pemberian makanan hijauan dan juga konsentrat. Saat ini pun ada banyak merk konsentrat sapi perah dengan mulai ribuan per kg.

Sebagai gambaran, harga konsentrat sapi perah Nutrifeed DC 132P+ dibanderol mulai Rp2.700 per kilo, varian DC133P+ harganya Rp3.000 per kilogram, dan Nutrifeed DC Super dijual dengan harga Rp4.000 per 1 kg. Lalu ada juga konsentrat sapi Indofeed SP 25 per karung harga Rp346 ribu, hingga Susfeed KSPT-1 isi 50 kg seharga Rp140 ribu per sak.

Menurut peternak susu sapi Sriawan, Dusun Segunung, Desa Carangwulung, Kecamatan Wonosalam, untuk menghasilkan susu sapi berkualitas dengan grade A dari pabrikan, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan. Pertama adalah dengan mencukupi kebutuhan nutrisi asupan pakan rerumputan minimal 10% dari bobot badan per hari. Misalnya sapi dengan berat 400 kg, maka pakan hijau-hijauan yang diberikan sehari minimal 40 kg. “Kalau kita ingin memacu tinggi, tentu ada beberapa upaya yang kita lakukan, salah satunya hal itu,” jelas Sriawan, seperti dilansir Jawapos.

Selain hijau-hijauan, pakan tambahan berjenis konsentrat pun dibutuhkan. Pemberian pakan konsentrat untuk sapi perah dilakukan supaya susu yang dihasilkan benar-benar maksimal. “Sekarang harga susu sapi dari pabrikan berkisar antara Rp5.600 – Rp5.700 bergantung ,” ungkapnya.

Kriteria standardisasi susu sapi berkualitas dari pabrikan pun tetap harus dipatuhi. Misalnya, jumlah kandungan kuman dalam susu harus di bawah 1 juta per mm. Kata M Ali, peternak sapi perah di Dusun Komboh, Desa Sambirejo, ada beberapa hal untuk menjaga kualitas susu sapi perah. Pertama, selalu menjaga kandang sapi dalam kondisi bersih, pemerah dan sapi harus dalam keadaan sehat, serta sapi harus dimandikan sebelum diperah. “Kemudian handuk untuk membersihkan sapi setiap hari harus baru,” tandasnya.

Loading...