Harga Kompetitif, Mixer Yamaha MG Series Disokong Sejumlah Fitur Menarik

Mixer Yamaha MG SeriesMixer Yamaha MG Series

Mixer audio merupakan sound system yang dalam fungsinya adalah untuk mencampur dua atau lebih channel audio input menjadi satu kesatuan sistem penyuaraan. Perangkat yang satu ini sudah pasti ada di sebuah studio musik, terutama studio musik yang menawarkan jasa recording.

Dalam penggunaan yang lebih professional, mixer lebih dikenal dengan sebutan professional audio desk mixing console, tak sedikit juga yang menyebutnya dengan FOH mixer. Peralatan ini memiliki banyak tombol dan konektor yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda.

Dalam kelengkapan sound system, khususnya sebuah audio mixer terdapat urutan kolom yang berderet dari atas sampai bawah yang disebut channel. Pada urutan paling atas terdapat jack input berupa XLR Female dan TRS (phone jack). XLR ini berfungsi untuk menancapkan jack microphone atau audio input.

Sedangkan pada urutan kedua adalah gain sensitive, treble (level), middle (level), middle frequency, low frequency, low (level), AUX 1, AUX 2, panpot (balance center) dan (level) yang berbentuk ‘potensiometer geser’. Rata-rata membuat mixer audio ini dengan jumlah minimal 4 channel mic input (XLR jack), namun ada juga yang 12CH, 16CH, 24CH, 32CH, 48CH, atau bahkan 60 Channel.

Sebuah audio mixer juga dilengkapi dengan LED display indicator. Fungsinya adalah untuk menunjukkan posisi sinyal suara baik pada posisi master main output secara keseluruhan, atau dapat juga untuk melihat intensitas audio channel secara natural saat menekan tombol PFL. Apabila lampu menyala pada warna merah atau kuning ini berarti kekuatan sinyal memberikan desakan input yang berlebihan pada power amplifier yang berakibat kurang baik pada speaker.

“Bagi saya, LED display indicator ini sangat berperan penting dalam pengaturan sound system, boleh dibilang ‘mendengar dengan mata’,”ucap salah seorang pemilik studio musik di Jakarta.

Di pasaran, sudah banyak mixer yang dengan harga yang bervariasi. Bahkan tak jarang pabrikan terkenal seperti Yamaha pun menawarkan beberapa produk mixer dengan harga yang kompetitif, seperti pada produk mixer Yamaha MG Series. Untuk seri yang satu ini, banyak model yang dapat dipilih oleh . Sebut saja Yamaha MG 32-14fx, Yamaha MG 24-14fx, Yamaha MG 166cx, maupun Yamaha MG 124cx.

Untuk model mixer MG 124cx ini disokong dengan fitur GROUP (SUB Output), insert pada masing-masing channel, matrix output, equalizing tiap channel yang dilengkapi dengan level dan pengaturan frekuensi low, mid, dan high, dan AUX Sending dalam channel lebih dari 2 output. Satu perangkat ini dijual di pasaran dengan harga yang cukup terjangkau, yakni sekitar Rp3,3 jutaan.

Kemudian untuk model mixer MG 166cx, juga dianggap memiliki suara yang cukup bagus dan frekuensi yang standar. Fasilitas yang terdapat pada audio mixer besutan Yamaha ini cukup memadai yang terdiri dari Sound FX dan dukungan channel di atas 16 channel dan 6 busses (Sub Out Stereo + 4 groups). Model mixer ini cocok digunakan untuk alat musik atau sound system organ tunggal atau karaoke. Harga jual mixer console Yamaha MG 166cx ini sedikit lebih mahal daripada model MG 124cx, namun masih tergolong terjangkau yakni sekitar Rp4,5 jutaan.

Loading...