Tahan Suhu Tinggi, Berapa Harga Klep Tiger Merk Aspira?

Harga Klep Tiger - (Youtube: GILA BALAP 1200m 201m)Harga Klep Tiger - (Youtube: GILA BALAP 1200m 201m)

JAKARTA – Kalau Anda penyuka motor atau sering mengutak-atik , pasti sudah tidak asing lagi dengan klep. Ini adalah bagian dari mesin motor yang biasanya terpasang pada kepala silinder. Meski bentuknya mini, namun klep berperan untuk keluarnya tenaga motor. Jika Anda membutuhkan ini dan kebetulan motor Anda adalah Tiger, klep set keluaran Aspira sekarang dengan mulai Rp175 ribuan untuk original.

“Klep merupakan alat atau bagian dari komponen mesin motor yang sifatnya dinamis dan biasanya terpasang pada kepala silinder,” tulis Gridoto.com. “Klep terbuat dari yang cukup keras dan bisa dengan mudah menghantarkan panas. Kekuatan ini diperlukan karena klep harus tahan panas dan gesekan saat menerima panas dan tekanan yang tinggi dan selalu bergerak naik dan turun.”

Ketika melakukan sepeda motor, keberadaan klep ini juga harus Anda amati, apakah masih terpasang rapi atau mengalami kebocoran. Pasalnya, gejala klep motor biasanya tidak disadari oleh pengguna, bahkan oleh mekanik bengkel ketika melakukan pemeriksaan berkala. Biasanya, ciri paling umum adanya kebocoran klep adalah mesin motor susah dinyalakan.

“Tarikan mesin jadi mulai berat karena campuran udara dan bensin yang tidak homogen dan adanya kebocoran kompresi,“ jelas Hilarius Eduard, mekanik dari Jaya Motor di daerah Ciputat, Tangerang Selatan. “Ujung-ujungnya, mesin bakalan menjadi lebih boros bensin dari sebelumnya. Juga, mesin terasa panas banget dari biasanya.”

Nah, apabila Anda mengalami hal serupa, selain memperbaiki setelan klep, Anda pun bisa mengganti dengan yang baru. Untuk motor Honda Tiger, saat ini Aspira telah merilis klep set yang diklaim terbuat dari bahan baja berkualitas tinggi serta memiliki campuran stellite pada bagian ujungnya yang telah melalui proses pengerasan, sehingga mampu bertahan dalam suhu dan tekanan tinggi ruang bakar.

Bisa juga diaplikasikan pada motor merk Honda lainnya, seperti Mega Pro dan GL Pro Neotech, tidak sulit mendapatkan klep ini. Di dalam situs resminya, Astra Otoshop menawarkan set klep Aspira dengan harga hanya Rp175.000. Sementara, di beberapa situs e-commerce , komponen ini dijual dengan harga Rp160 ribu hingga Rp234 ribuan per set.

Loading...