Banyak Dibutuhkan Motor Bore-up, Harga Klep Sonic NPP Mulai Rp50 Ribuan

Klep Sonic NPP - www.bukalapak.comKlep Sonic NPP - www.bukalapak.com

ayago (ayam jago) seperti Honda Sonic 150R rupanya jika dimodifikasi sedemikian rupanya disebut-sebut memiliki tenaga yang setara dengan motor 250 cc kondisi standar. Benarkah? Padahal power standar dari motor ini hanya di angka 14 dk. Rupanya ada berbagai yang perlu diganti, misalnya saja klep atau valve dari Sonic dan masih banyak lagi.

“Untuk motor kelas tune up atau yang tertinggi itu bisa mencapai 30 dk. Tenaga tersebut bisa dicapai karena ubahan yang cukup banyak,” kata Haris ‘Mletis’ Sakti, mekanik MBKW2 Yogyakarta, seperti dilansir Motorplus-.

Haris mencontohkan, area piston standar bisa digantikan dengan piston forging yang mempunyai daya tahan lebih baik. “Kompresi juga kita mainkan supaya bisa mendapatkan power yang lebih baik,” ungkapnya.

Kemudian untuk bagian head silinder pun dapat dipasangkan dengan klep dengan yang lebih besar. Menurut regulasi, maksimal boleh memakai 24/21 mm (in/ex) dan diperbolehkan memakai titanium. Para Sonic pun kerap memodif motor mereka dengan mengganti klep original dengan klep milik CS1. Adapun klep Sonic NPP berkisar mulai Rp50 ribu hingga Rp76 ribu.

Ya, meski CS1 sudah lama disuntik mati, sejumlah parts seperti klep pun masih banyak dicari untuk memaksimalkan hasil bore-up. Klep Honda CS1 kabarnya serupa dengan Honda Sonic yang masih memakai mesin 125 cc. Adapun ukuran klep in CS1 adalah 28 mm, sedangkan klep out 24 mm. Klep in yang berdiameter besar 28/24 mm biasanya dibutuhkan untuk motor yang sudah bore-up. Pasalnya, ruang bakar yang besar juga harus diimbangi dengan banyaknya volume gas bakar (campuran dari udara dan bensin).

“Salah satu yang membuat power naik cukup signifikan itu juga datang dari area kem atau noken as,” sambung Haris. Kemudian untuk sektor elektronik, ECU dapat diganti menggunakan aftermarket yang dapat disetting mulai dari debit bensin, AFR, dan lainnya.

Tak ketinggalan, area Throttle Body (TB) juga bisa memakai diameter yang lebih besar supaya udara yang masuk ke mesin pun lebih besar serta semburan injector yang lebih deras dari versi standar. “Lalu untuk mengakali agar kelistrikan tidak drop misalnya kita bikin bernama power up atau dengan kabel bekas pesawat terbang,” paparnya.

Yang terakhir, area gigi rasio pun dapat disesuaikan dengan trek yang hendak dilalui. Serta yang tak kalah penting adalah knalpot racing custom yang bisa dirancang sesuai kebutuhan para pengendaranya.

Loading...