Berfungsi Sebagai Aerator, Harga Kincir Tambak 1 Phase Berkisar Jutaan Rupiah

Kincir Tambak - kincirair.orgKincir Tambak - kincirair.org

Dalam tambak seperti tambak udang, keberadaan kincir merupakan hal yang cukup vital. Kincir tambak adalah yang berguna untuk memastikan kadar oksigen terlarut dalam tetap tersedia maksimal. dan kincir tambak pun beragam serta dengan harga yang di .

Tak hanya untuk memastikan kadar oksigen, kincir tambak berfungsi sebagai aerator yang juga dapat membantu menghilangkan oksidasi besi dan mangan dalam air, mereduksi amonia dalam air melalui nitrifikasi. Aerasi sendiri adalah peningkatan kandungan oksigen di lingkungan air, dengan tujuan membuat organisme hidup di dalamnya tumbuh lebih sehat dan cepat.

“Nutrisi atau pakan yang Anda tambahkan ke kolam menyebabkan meningkatnya oksigen di dalam air, terutama pada cuaca panas di mana tingkat DO (oksigen terlarut) lebih rendah, dan dapat menyebabkan kondisi yang dapat membunuh pertumbuhan udang dan pertumbuhan alga semakin meningkat,” kata salah satu penjual kincir tambak.

Nah, untuk tambak skala rumah tangga, spesifikasi kincir air yang dibutuhkan pun tak terlalu tinggi. Biasanya tambak skala kecil dapat menggunakan kincir tambak 1 phase yang dijual dengan harga jutaan rupiah. Misalnya kincir tambak udang 1 Hp 1 phase model Futi harganya Rp4,5 juta, kincir air tambak merk Olimpia 1 Hp 1 phase harganya Rp5,3 juta, kincir air Sea Dragon NR 1 HP 1 Phase Rp4,8 juta per unit, kincir tambak Panda 1 Hp 1 Phase Rp4,7 juta, dan kincir tambak udang Maestro SC 0.75 1 phase Rp5 juta.

Penggunaan kincir tambak yang cukup akan memaksimalkan kepadatan penebaran benih dalam satu petak tambak. Apabila semakin padat benur yang ditebar, maka akan menghasilkan panen yang semakin berlimpah pula. Namun tentunya hal ini harus ditunjang dengan pemakaian kincir tambak udang yang cukup jumlahnya dalam 1 petak. Umumnya, dalam 1 petak berukuran ±3.000 m2 memakai sekitar 18-20 unit kincir tambak udang dan dalam 1 kali panen dapat menghasilkan sekitar 7-8 ton udang.

Loading...