Rasa Manis Pedas & Renyah, Harga Kering Kentang per Kilo Mulai Rp100 Ribuan

Harga Kering Kentang - id.pinterest.comHarga Kering Kentang - id.pinterest.com

Siapa yang tak kenal dengan kering kentang? Sajian lauk yang cukup tahan lama untuk disimpan hingga beberapa waktu ini biasanya dikombinasikan dengan lain seperti ikan teri, kacang tanah, tempe, atau ebi agar terasa lebih gurih dan menggugah selera. Ada pula yang menjualnya hanya dalam wujud kering kentang saja per kilo tanpa dicampur dengan tambahan apapun. Rasanya yang pedas manis dan gurih membuat siapa saja menyukai hidangan ini.

Selain dijadikan teman makan nasi, kentang ini pun dapat dinikmati layaknya snack seperti keripik. Meski tampilannya hampir sama, ternyata dan metode pembuatan kering kentang di sejumlah daerah bisa berbeda-beda. Ada yang digoreng kering dan ada juga yang basah lantaran bumbunya lebih banyak. “Orang Melayu lebih kenal kering kentang dengan sebutan kentang Mustofa. Dan lebih suka kering,” jelas Eva Nurdin, salah satu penjual kering kentang di Batam, seperti dilansir Sindo.

Eva sendiri mengaku lebih senang membuat kering kentang yang garing dan tak terlalu banyak bumbu. Menurutnya, kering kentang yang terlalu banyak bumbu biasanya tidak lagi kering dan renyah. “Biasanya jadi melempem,” imbuhnya.

Eva berbagi agar bisa menghasilkan kering kentang yang garing dan utuh. “Rendam kentang yang sudah dipotong dalam air kapur (sirih). Lalu bersihkan hingga benar-benar bersih. Baru direbus dengan air garam. Saya pakai kentang . Lebih dan selalu ada stok di . Kentang Medan harganya lebih mahal dan kadang tidak ada barangnya,” ucapnya.

Bahan-bahan untuk membuat kering kentang menurutnya sangat sederhana, hanya kentang, kacang tanah, dan ikan teri. Bumbu-bumbunya pun sangat mudah dicari, yakni cabai kering, bawang putih, gula, dan garam. “Cabai merah biasa juga bisa. Tapi kalau cabai kering lebih cantik warnanya,” ungkapnya.

Apabila digoreng hingga kering dan disimpan dalam sebuah wadah yang tertutup rapat, kabarnya kering kentang dapat bertahan sampai 1 tahun lamanya. Tak hanya cocok untuk dimakan saat sahur atau buka puasa, kering kentang juga kerap disajikan dalam berbagai acara. “Bisa juga untuk pelengkap nasi kuning, lontong sayur, untuk bekal orang berangkat haji, atau sekarang jadi makanan oleh-oleh,” katanya.

Di pasaran harga kering kentang per kilo cukup . Untuk kering kentang saja tanpa tambahan apapun dijual dengan harga mulai Rp110 ribu per 1 kg, lalu ada juga kering kentang dengan kacang seharga Rp115 ribu per kilogram, dan masih banyak lagi.

Loading...