Komoditas Unggulan, Harga Kepiting per Kilo Dipatok Variatif

Harga Kepiting - www.syfy.comHarga Kepiting - www.syfy.com

Kepiting sampai sekarang masih menjadi komoditas yang disukai oleh berbagai kalangan. Terlebih karena jenis kepiting konsumsi semakin beragam, mulai dari kepiting bakau, kepiting soka, kepiting rajungan, kepiting telur, hingga kepiting dengan paling mahal, yakni kepiting alaska. Kepiting-kepiting tersebut per kilo dengan harga yang bervariasi, tergantung jenisnya.

Sebagai , harga kepiting bakau segar per kilogram Rp120 ribu, kepiting soka fresh dengan cangkang lunak yang bisa dimakan harganya Rp145 per 1 kg, kepiting telur hidup 1 kg (isi 4-5 ekor) harganya Rp175 ribu, kepiting beku segar 1 kg Rp70 ribu, kepiting rajungan segar 1 kilo Rp70 ribu, daging kaki/jari kepiting 1 kg Rp70 ribu, kepiting jumbo (king crab) 1 kg Rp310 ribu, capit kepiting (belum dikupas kulitnya) Rp100 ribu, kepiting kukus (matang) siap olah 1 kg (isi 3 ekor) Rp115 ribu, dan daging kepiting putih 1 kg Rp115 ribuan.

Walaupun dihantam pandemi (Covid-19) seperti sekarang, Kelompok Usaha Bersama (KUB) Patra Bahari Mandiri di Balikpapan Barat tetap berhasil meraih omzet Rp40 juta dari pembudidayaan kepiting zero waste sekaligus pemanfaatan menjadi destinasi .

Saat ini budidaya kepiting bakau dan kepiting soka dari KUB Patra Bahari Mandiri sudah mempunyai langganan tetap, terutama dari kalangan restoran dan kafe yang ada di Balikpapan. Bahkan banyak juga yang rela datang ke Kampung Nelayan Berdasi untuk membeli kepiting secara langsung. “Tapi untuk kepiting soka terpaksa tidak kami budidaya dulu karena permintaan menurun sejak pandemi,” kata Ketua KUB Patra Bahari Mandiri, Rustam, seperti dilansir Korankaltim.

Menurut Region Manager Comm, Rel & CSR Kalimantan Roberth MV Dumatubun, Pertamina sudah menjajaki dan mengembangkan potensi di kawasan tersebut mulai tahun 2018 lalu. “Lokasinya cukup untuk dikembangkan. Bukan hanya dari pembudidayaan tetapi sebagai wisata edukasi,” ucap Roberth.

“Nelayan semula menjual hasil tangkapannya kepada pengepul untuk dijual lagi di pasar dengan harga Rp25 ribu sampai Rp40 ribu per kilogram. Kini mereka dapat menjual dengan kisaran Rp75 ribu per kilogram,” imbuh Roberth. Sementara itu, untuk kepiting soka dijual Rp100 ribu per 1 kilo karena sudah dikemas rapi dengan kualitas bersaing di pasaran.

Loading...