Punya Corak Kuning & Putih, Harga Keladi Tikus Varigata Ternyata Tak Terlalu Mahal

Tanaman Keladi Tikus VarigataTanaman Keladi Tikus Varigata - youtube.com ( Srie ParadiseFlorist )

Keladi varigata belakangan ini menjadi yang juga banyak digemari oleh masyarakat. Tanaman yang juga disebut keladi kantong semar atau keladi mickey mouse varigata ini merupakan tumbuhan dari suku Araceae. Berbeda dari tanaman keladi tikus biasa, keladi tikus variegata mempunyai keunikan berupa yang memiliki kombinasi hijau, kuning, dan putih. Selain itu, ujung daunnya juga berbentuk meruncing seperti sebuah kantong. Keladi tikus varigata dengan harga yang variatif dan kerap dipelihara sebagai tanaman hias indoor.

Di , harga keladi tikus varigata berkisar mulai Rp20 ribu untuk yang ukurannya masih kecil, hingga mencapai Rp190 ribu untuk yang sudah lengkap dengan pot tawon-nya. Harga tanaman keladi tikus variegata di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual.

Tanaman yang memiliki nama Latin Caladium sp. ini sebenarnya cukup mudah untuk dipelihara dan pertumbuhannya relatif cepat. Tanaman ini disebut dapat tumbuh dengan tinggi tangkai daun mencapai 1 meter dan daunnya cukup lebar. Cara menanam keladi tikus varigata dapat dengan tanam yang dicampur sedikit pupuk kandang di pot berukuran sedang.

Jika kurang telaten dalam merawat, tanaman keladi tikus varigata mungkin tidak tumbuh terlalu rimbun, biasanya hanya 2-6 daun saja. Untuk membuatnya jadi rimbun pun sebenarnya tidak sulit. “Bagaimana agar keladi rimbun? Cukup memotong batang utama atau induknya. Nah, bagaimana keladi yang sudah siap untuk dipotong yaitu keladi yang sudah tua dan umbinya sudah besar,” kata YouTuber pemilik akun Fahri Orchid.

Keladi rimbun itu katanya memiliki banyak titik tumbuh atau tunas. Kebanyakan keladi hanya memiliki satu titik tumbuh atau single, oleh sebab itu daunnya kurang bisa rimbun. Untuk mengetahui keladi yang sudah tua itu adalah dengan melihat keladi mana yang sudah berbunga. Keladi seperti itu sudah bisa dan siap untuk dipotong.

Meski tidak dipotong kabarnya tanaman keladi tetap dapat tumbuh rimbun meski butuh waktu yang lama. “Jadi kalau tidak dirangsang dengan dipotong, tumbuhnya akan single dan daunnya tidak bisa banyak karena titik tumbuhnya hanya satu,” tandas Fahri.

Loading...