Tersedia di Toko & Minimarket, Harga Keju Cheddar Mini Dibanderol Ekonomis

Jenis Keju MiniJenis Keju Mini

sebenarnya ada banyak, namun di antara sekian banyak jenis tersebut rupanya cheddar yang paling umum digunakan oleh masyarakat Indonesia. cheddar yang beredar di Tanah Air pun bermacam-macam, mulai dari block (balok), slice (lembaran), hingga cheddar mini. Dibandingkan block, cheddar mini memang relatif lebih murah.

Keju cheddar juga setidaknya ada dua macam, yakni keju cheddar yang berwarna kuning dan keju cheddar putih. Lantas, apa beda dari keduanya? Keju cheddar dapat berwarna kuning karena memakai pewarna alami, yakni biji annatto yang diekstrak dari kesumba. Pewarna alami tersebut ditambahkan dalam dan menyebabkan perubahan jingga tua pada keju cheddar.

Baik keju cheddar kuning maupun putih rupanya tak memiliki perbedaan rasa. Keduanya sama-sama mempunyai rasa yang kuat. Menurut Zoey Sachs seorang Direktur Pendidikan dari Bedford Cheese Shop di New York, warna keju cheddar berubah karena adanya tambahan biji annatto dan pewarna alami itu tidak mengakibatkan perubahan rasa pada keju cheddar. “Sejauh yang saya tahu, itu tidak menambahkan rasa pada keju,” jelas Zoey, seperti dilansir Today melalui Detik.

Tak hanya memakai biji annatto, produsen keju mungkin memakai pewarna buatan untuk bahan pewarna keju mereka. Ada juga yang menambahkan paprika pada keju mereka untuk memperoleh warna kuning yang lebih pekat. Akan tetapi, pewarna lain mungkin akan mengubah rasa keju cheddar.

Nah, sejauh ini produsen yang memiliki keju cheddar berukuran mini adalah Kraft. Jika keju cheddar block utuh-nya (ukuran 165 gram) dengan harga sekitar Rp20 ribuan, maka keju cheddar olahan mini Kraft berat 35 gr harganya hanya Rp5.100 saja di Indomaret, sedangkan di Alfamart Rp5.700 per bungkus. Kemudian, keju Kraft cheddar mini sachet 18 x 8 x 35gr 1 karton harganya mencapai Rp620 ribu per dus. Selain Kraft, ada juga keju cheddar mini Babybel seberat 100 gram (isi pcs) dengan harga Rp59 ribuan.

Loading...