Kerap Dipakai untuk Masakan Asia, Berapa Harga Kecap Ikan ABC?

Harga Kecap Ikan - www.theguardian.comHarga Kecap Ikan - www.theguardian.com

Ada beragam jenis kecap yang sering digunakan dalam , mulai dari kecap manis, kecap asin, hingga kecap ikan. Berbeda dari kecap asin, kecap ikan memiliki ikan yang sangat karena memang dasarnya terbuat dari ikan yang difermentasi dengan garam. Di pasaran Indonesia pun tersedia banyak merek kecap ikan atau fish sauce, mulai dari merk Golden Fish, Kikkoman, Finna, Royal Gold, hingga Djoe Hoa. kecap ikan tersebut dijual dengan , mulai ribuan . Sayangnya, sampai sekarang tampaknya Heinz-ABC masih belum memproduksi kecap ikan seperti brand-brand lain.

Selain memiliki perbedaan dari bahan dasar pembuatannya, kecap asin dan kecap ikan memiliki perbedaan dari segi aroma. Kecap asin yang terbuat dari fermentasi kedelai cenderung tidak berbau. Namun, kecap ikan memiliki aroma khas ikan dan bahkan ada juga beberapa produk yang bau ikannya cukup menyengat. Kemudian perbedaan lain ada pada segi warna, di mana kecap asin berwarna cokelat kehitaman mirip kecap manis (tapi teksturnya lebih cair dari kecap manis), sedangkan kecap ikan memiliki warna cokelat bening seperti cuka sari apel.

Nah, sebagai salah satu produsen besar, ABC sejauh ini telah memiliki aneka produk saus seperti saus sambal dan saus tomat, sambal terasi, hingga kecap manis dan juga kecap asin. Meski belum memproduksi kecap ikan, rupanya PT Heinz ABC Indonesia memperoleh keuntungan tersendiri di tengah kondisi pandemi seperti sekarang.

Walaupun kegiatan di luar rumah dibatasi, ternyata tren memasak di rumah mengalami peningkatan. Hal itu pula yang mengakibatkan produk Heinz ABC seperti kecap, saos sambal, dan sarden melonjak tajam. Terlebih karena produk sarden beberapa waktu lalu termasuk dalam paket bantuan sosial (bansos) pemerintah. “Penjualan cukup terbantu dengan adanya produk sarden bansos,” kata Sales Director Heinz ABC, Reynold Pandapotan, seperti dilansir Katadata.

Selama masa pandemi, konsumen pun sebagian besar lebih senang berbelanja di minimarket. “Orang suka belanja di tempat yang dekat, mengurangi mobilitas. Tapi di general trade masih ada kenaikan,” beber Reynold. Dari sisi brand, kecap ABC kini menempati posisi kedua di pasar dengan perolehan pangsa pasar 19,3%. Sedangkan sambal ABC menempati posisi pertama dengan pangsa pasar 47,5%.

Loading...