Ringkas & Bisa Dilipat, Harga Kasur Futon Jepang Dijual Mulai Ratusan Ribu Rupiah

Kasur Futon Jepang - grid.id

Berbeda dengan orang Indonesia yang lebih senang di yang empuk dan tebal, orang-orang justru masih banyak yang memilih tidur di atas hamparan kasur futon. Sekilas futon menyerupai kasur lipat atau kasur gulung yang tipis dan hanya akan digelar ketika hendak tidur saja, lengkap dengan selimut di atasnya. Selain di sana, di Tanah Air pun sudah banyak yang menawarkan Japanese futon bed Japanese dengan harga yang beragam, tergantung dan ukurannya.

Harga kasur futon Jepang seperti buatan Ikea, Jessheim Rp349 ribu. Kasur lipat ini memiliki panjang 195 cm dan lebar 80 cm dengan berat bersih sekitar 1,5 kg. Selain Ikea Jessheim, ada juga kasur futon ala Jepang seperti futon bed Labomme Goose seharga Rp5,9 jutaan, futon bed Seawalls Rp300 ribu, futon bed Sofie Land Rp395 ribu, futon bed Quantum Rp497 ribuan, hingga futon bed Latex seharga Rp200 ribu.

Walau bagi kita orang Indonesia, tidur di atas kasur futon mungkin kurang nyaman, mengapa sampai saat ini banyak orang Jepang yang melakukannya? Rupanya, hal ini sudah jadi warisan leluhur yang diperkirakan sudah ada sejak abad ke-13. Terlebih karena dulunya orang Jepang sangat ketat dengan luar seperti negara-negara Eropa.

Kemudian, orang Jepang juga pada dasarnya tidak langsung tidur di atas lantai, melainkan menggunakan tatami yang merupakan matras tradisional Jepang terbuat dari tenunan jerami. Dengan semacam itu, tatami dapat menghangatkan mereka ketika tidur di atas futon. “Sementara itu bagian futon itu sendiri juga sebenarnya terdiri atas dua bagian. Pertama adanya matras yang disebut dengan shikibuton serta bagian selimut yang dikenal dengan bagian kakebuton,” demikian seperti dilansir Padangkita.

Selain itu, masyarakat Jepang juga senang memakai futon karena dianggap lebih praktis dan dapat dilipat dalam waktu yang cepat ketika sedang tidak digunakan. Seperti diketahui, kamar beberapa orang Jepang memang tidak terlalu luas. Oleh sebab itu mereka suka yang minimalis dan hemat tempat.

Loading...