Punya Banyak Fungsi, Harga Kapur Gamping di Pasaran Terjangkau

Kapur Gamping di Pasaran - www.jualo.comKapur Gamping di Pasaran - www.jualo.com

Gamping atau batu kapur (limestone) merupakan batuan sedimen yang tersusun dari kalsit dan aragonit, yang merupakan dua varian yang berbeda dari kalsium karbonat. Sebagai salah satu tambang, kapur gamping banyak dibutuhkan untuk berbagai keperluan, mulai dari keperluan hingga . Di kapur gamping tidak terlalu mahal.

Berdasarkan penelusuran di marketplace, harga kapur sirih/batu gamping 1 kg hanya Rp15 ribu. Sedangkan untuk kapur gamping bubuk premium 50 gram harganya antara Rp4 ribu sampai Rp6 ribuan. Harga kapur gamping dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya dan harga kapur gamping di setiap tempat bisa saja berbeda-beda.

Seperti diketahui, kapur gamping sebenarnya bisa langsung dipakai sebagai bahan baku, misalnya pada industri semen, fondasi jalan, rumah, dan lain-lain. Selain itu, ada juga kapur gamping yang harus melalui pengolahan terlebih dahulu, misalnya dengan pembakaran. Cara pembakaran tersebut dilakukan untuk mendapatkan kapur tohor (CaO), kalsium hidroksida (Ca(OH)2) dan gas CO2.

“Calcium oksida itu bisa untuk penetralisir limbah , limbah perusahaan, memulihkan PH tanah yang tinggi,” ujar Hasanudin, salah seorang pelaku usaha kapur gamping di Sungai Ulin, Kalimantan Selatan.

atau kegunaan kapur gamping cukup banyak. Misalnya saja kadar air yang asin apabila ditaburi kapur gamping sesuai kebutuhan maka akan netral. Lalu, pupuk apabila pH tanahnya tinggi maka diberi kapur akan terjadi senyawa dengan tanah yang dapat menetralkan tanah yang asam. Tak heran jika kapur gamping banyak dibutuhkan untuk persawahan maupun perkebunan.

“Pasar kapur gamping ini ada dijual eceran dan ada pula yang berdasar pesanan. Nah khusus pesanan ini biasanya jika ada di antara kami dapat pesanan dan tidak sepenuhnya mampu melayani, maka kawan-kawan yang akan membantu memenuhi pesanan sesuai jumlah tonase diminta pembeli,” jelas Hasan.

Seperti halnya home industry pembuatan arang atau batu bata, usaha pengolahan kapur gamping di Sungai Ulin ini sifatnya home industry atau dilakukan dengan manual secara turun-temurun sejak tahun 70-an. Di sana harga kapur gamping per karung 15 kg sekitar Rp15 ribu dan 1 sak isi 25 kg sekitar Rp25 ribuan.

Loading...