Bernilai Jual Tinggi, Harga Kapulaga per Kg 2021 Tembus Ratusan Ribu Rupiah

Harga Rempah Kapulaga - www.orami.co.idHarga Rempah Kapulaga - www.orami.co.id

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan rempah-rempah bernilai jual tinggi. Kapulaga misalnya, termasuk rempah yang dengan mahal dan begitu mudah ditemukan di . Kapulaga sendiri adalah sejenis rempah yang dihasilkan dari biji beberapa tanaman dari genera Elettaria dan Amomum dalam keluarga Zingiberaceae (keluarga jahe-jahean). Kedua genera ini merupakan tanaman asli Bangladesh, Bhutan, India, Indonesia, Nepal, dan Pakistan. Harga kapulaga per kg 2021 bisa mencapai lebih dari Rp100 ribu.

Menurut penelusuran harga di pasaran , harga kapulaga per 1 kg jenis green cardamom atau kapulaga hijau India saat ini dijual mencapai Rp520 ribu, white cardamom (kapulaga putih)/kapol lokal 1 kilo Rp496 ribuan, kapulaga Jawa kering 1 kilogram Rp195 ribuan, kapulaga segar basah 1kg Rp65 ribu, kapulaga bubuk 1 kg Rp554 ribu, hingga kapulaga hitam super premium 1 kg Rp398 ribuan. Luar biasa sekali bukan?

Sementara itu, harga kapulaga di Pangandaran saat ini sedang anjlok di angka Rp170 ribu per kg. Meski demikian, Ketua Asosiasi Kapulaga Kabupaten Pangandaran Kunkun Herawanto menegaskan bahwa kapulaga tetap menjadi rempah paling mahal di Pangandaran dibandingkan rempah lainnya. Oleh sebab itu, ia mengajak para petani di Kabupaten Pangandaran untuk membudidayakan tanaman kapulaga. Kunkun mengungkapkan, tahun 2020 lalu harga kapulaga mencapai Rp340 ribu per kg.

Sedangkan sekarang stok kapulaga di petani dan berbagai negara penghasil kapulaga sudah mulai stabil. “Biasanya memang harga normal kisaran Rp150.000 sampai Rp170.000 per kilogramnya,” terang Kunkun, seperti dilansir Suara. Ia juga menuturkan, kapulaga menjadi komoditas rempah termahal di Pangandaran. “Tentunya menanam atau bertani kapulaga masih tergolong paling menguntungkan, karena harganya yang selalu menjadi yang tertinggi dibanding pala, cengkeh dan jahe,” bebernya.

Di samping itu, penanaman dan pemeliharaan kapulaga tergolong paling mudah dibanding jenis rempah lainnya. “Jadi saya mengajak kepada Pangandaran agar menanam kapulaga, karena harganya yang terbilang stabil dan paling mahal,” tuturnya. Sebagai informasi, Kabupaten Pangandaran dikenal sebagai penghasil kapulaga terbesar di Indonesia. Salah satu wilayah penghasil kapulaga paling banyak adalah Kecamatan Langkaplancar.

Loading...