Berguna untuk Tanaman & Bahan Bangunan, Harga Kalsium 1 Sak Cuma Puluhan Ribu Rupiah

Harga Kalsium Karbonat 1 SakIlustrasi : Kalsium Karbonat - www.tokopedia.com

Kalsium karbonat merupakan yang memiliki banyak kegunaan. Selama ini kalsium karbonat banyak digunakan untuk keperluan konstruksi, di antaranya sebagai bahan bangunan atau batu kapur agregat untuk jalan, bahan semen atau acian, dan sebagainya. Tak hanya untuk bangunan, kalsium karbonat pun menyimpan manfaat untuk atau dunia . Di biasanya kalsium karbonat dijual 1 sak dengan yang variatif.

Adapun harga kalsium karbonat 1 sak isi 25 kg dibanderol Rp35 ribuan, kemudian calcium carbonate Semen Mill per sak isi 20 kilo harganya Rp40 ribu, sedangkan kalsium karbonat satu sak isi 50 kilogram harganya mencapai Rp150 ribu. Harga kalsium 1 sak yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda.

“Kalsium bisa berfungsi sebagai acian untuk plester agar tidak terjadi retak rambut pada dinding plesteran. Di samping itu kalsium juga sebagai pembuatan cat tembok, supaya cat lebih kokoh dan tahan lama perlu ditambahkan kalsium sebagai bahan campuran,” kata salah satu penjual kalsium karbonat.

Kalsium karbonat yang biasa menjadi bahan campuran plamir ini rupanya juga dapat menambah berat tanaman selada yang dibudidayakan secara . Nanik Mudjiastutik, salah satu guru Biologi di SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo Jawa Timur yang melakukan penelitian terkait hal ini menjelaskan bahwa takaran kalsium yang dibutuhkan hanya sedikit agar tanaman tidak menjadi pahit.

“Untuk itulah waktu pemberian kalsium ini hanya dua kali selama pertumbuhan, berumur 5 hari setelah tanaman dan dua minggu kemudian. Dan yang pasti pemberian kalsium ini bisa mencegah busuk akar pada tanaman hidroponik,” jelas Nanik, seperti dilansir Ayobandung.

Penambahan kalsium pun disebut dapat mempercepat pertumbuhan tanaman serta menguatkan akar-akarnya. “Masa panennya sama antar 30–35 hari tapi akan lebih berat dan besar hasilnya bila menggunakan campuran kalsium,” beber Nanik.

Lebih lanjut Nanik memaparkan, pada pertanian tradisional kalsium digunakan untuk tanaman cabe. Harga kalsium pun sangat dan mudah diperoleh di toko bahan bangunan atau penjual tanaman. “Pada pertanian tradisional kalsium digunakan cukup banyak, hitungan kilogram tapi untuk sistem hidroponik kebutuhannya sangat sedikit. Fungsi kalsium dapat meningkatkan pH, di hidroponik pH tidak boleh naik, oleh karenanya kebutuhannya sangat sedikit,” tandas Nanik.

Loading...