Kawasan Tekstil Cigondewah Bandung Tawarkan Kain Kiloan dengan Harga Murah

Kawasan Tekstil Cigondewah Bandung - jabar.antaranews.comKawasan Tekstil Cigondewah Bandung - jabar.antaranews.com

Kota , Jawa Barat memang dikenal sebagai salah satu surganya di . Tak hanya pakaian-pakaian yang sudah jadi saja, bahkan Bandung pun memiliki sebuah sentra kawasan terpadu yang biasa kiloan atau meteran di Kawasan Tekstil Cigondewah (KTC). Warga Bandung sendiri lebih mengenal area tersebut dengan sebutan Kain Cigondewah. Harga kain kiloan Cigondewah relatif lebih murah dan kualitasnya pun bersaing.

Terdapat berbagai kain yang ditawarkan di Cigondewah, mulai dari polyester, spandex, hyget, sifon, kanvas, wolfis, brokat, dan macam-macam kain lainnya. Kawasan Tekstil Cigondewah buka setiap hari dengan jam operasional mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

Salah seorang pengelola bernama Wawan mengungkapkan, meski daerah Cigondewah cukup panas dan padat, para pengunjung tetap banyak yang datang untuk belanja kain atau bahkan berwisata. “Hari Senin sampai Kamis, penuh. Apalagi hari libur. Kita saja kadang-kadang susah dapat parkir,” ungkap Wawan, seperti dilansir Antara.

Hingga kini Pasar Kain Cigondewah telah mempunyai lebih dari 100 unit gerai yang menjual berbagai jenis tekstil. Total ada lebih dari ratusan jenis kain yang ditawarkan di kompleks pertokoan tersebut. Mulanya, para di Pasar Kain Cigondewah mendapat kain-kain dari sisa bahan perca pabrik tekstil di sekitar Bandung. Mereka menampung sisa-sisa pabrik berupa perca. “Dulu bahkan kita sempat dapat ongkos untuk penampungan. Sampai akhirnya, karena mereka tahu kami menjual kain-kain tersebut, kami yang bayar untuk membeli bahan,” beber Wawan.

Uniknya lagi, mayoritas kain di Cigondewah dijual berdasarkan satuan kilo. Menurut Wawan, harga kain kiloan lebih murah dari harga kain per meter. “Di sini banyak pembeli kain itu harga kiloan, harganya jauh lebih murah, dibandingkan dengan harga pada umumnya. Namun ada juga yang membeli meteran,” ungkap Wawan.

Harga kain di Kawasan Tekstil Cigondewah juga sangat beragam. Harga kain termurah Rp10 ribuan untuk 1 meter. Namun ada juga kain yang dijual hingga Rp200 ribuan per meter. Dalam sebulan biasanya toko kain di Cigondewah bisa menjual hingga 20 roll. Bahkan saat mendekati hari raya penjualan kain bakal meningkat hingga 30 roll per bulan.

Loading...