Punya Segudang Manfaat, Harga Kacang Pecan Bisa Sampai Ratusan Ribu Rupiah

Ilustrasi : Kacang Pecan - sehatalami.co

Masyarakat Indonesia mungkin belum banyak yang mengonsumsi kacang pecan. Padahal pecan termasuk kacang-kacangan yang kaya dan cocok untuk dikonsumsi secara rutin. Biji pecan disebut sebagai salah satu sumber dan nabati yang baik. Tak mengherankan jika kemudian kacang pecan dijual dengan yang cukup di .

“Penelitian telah menunjukkan bahwa diet yang kaya dengan biji dapat menurunkan risiko wanita terhadap batu empedu. Bahan-bahan antioksidan dan sterol tumbuhan daripada biji Pecan telah dibuktikan dapat mengurangi kolesterol yang tinggi dengan menurunkan tingkat LDL yang buruk,” demikian seperti dilansir Wikipedia.

Kacang pecan memiliki ukuran sekitar sebesar jempol pipih orang dewasa. Olahan kacang pecan umumnya digunakan sebagai campuran kue kering untuk memberi rasa gurih. Selain itu, kacang pecan pun kerang dicincang untuk dijadikan taburan atau topping es krim.

Meskipun tidak begitu populer di Indonesia, kacang pecan menjadi makanan yang terkenal di Amerika. Orang-orang Amerika mengolah kacang pecan menjadi cemilan, isi pie, atau isi kalkun panggang karena cita rasanya yang sangat gurih. Kacang pecan kabarnya merupakan buah dari pohon hickory yang memang berasal dari Negeri Paman Sam. Di Amerika sana, kacang pecan banyak ditemukan di Texas dan Georgia.

Kacang pecan diklaim kaya akan kandungan nutrisi karena di dalamnya terdapat lebih dari 19 mineral vitamin, seperti vitamin A dan E, magnesium, kalium, tembaga, dan vitamin B. Kacang satu ini mempunyai kandungan 65-70% lemak sehat, yaitu 65% berupa asam lemak oleat, dan 26% berupa asam lemak linoleat.

Konsumsi 1 ons kacang pecan disebut dapat memenuhi kebutuhan serat harian sebanyak 10%. Terlebih, kacang pecan dipercaya bermanfaat untuk menyehatkan jantung, mengurangi peradangan, meningkatkan fungsi otak, menurunkan berat badan, meningkatkan energi, mengurangi risiko , mengontrol diabetes, meningkatkan imunitas, mencegah masalah kulit, hingga mencegah stres oksidatif.

Adapun untuk urusan harga, kacang pecan umumnya dijual mulai puluhan ribu hingga ratusan ribu . Misalnya untuk pecan nut 50 gram harganya Rp55 ribu, kacang pecan oven/matang 250 gram harganya Rp135 ribu, raw pecan nut (kacang pecan mentah) 500 gram Rp338 ribu, dan kacang pecan 1 kg harganya bisa mencapai Rp535 ribu.

Loading...