Manfaat Beragam, Berapa Harga Kacang Kedawung di Pasaran?

Harga Kacang Kedawung - www.tokopedia.comHarga Kacang Kedawung - www.tokopedia.com

Mungkin masih belum banyak orang yang mengetahui mengenai sosok kedawung. Padahal yang menghasilkan biji atau kacang kedawung ini disebut-sebut bermanfaat untuk . Karena kini keberadaannya mulai langka, harga kacang kedawung pun bisa mencapai puluhan ribu rupiah per kilogram.

Kedawung kabarnya merupakan satu di antara 30 spesies tumbuhan langka di . Di Tanah Air biasanya pohon kedawung tumbuh di atau lereng-lereng yang terjal. Kedaung atau Parkia roxburghii, G.Don adalah suku polong-polongan atau Fabaceae, serta dikenal sebagai tumbuhan penting dalam industri jamu.

Bentuk biji kedawung mirip petai dengan hitam pekat dan lonjong sedikit pipih. Sebagian orang mengolah biji kedawung dengan cara dihaluskan terlebih dahulu supaya dapat dikonsumsi. Ada juga yang menyeduhnya dengan tambahan madu untuk menghilangkan pahit dari biji kedawung. “Masyarakat Jawa pada masa lalu banyak mengonsumsinya, tetapi sekarang tidak,” kata Dr Ir Ervizal AM Zuhud, profesor di bidang konservasi tumbuhan obat tropika di Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor, seperti dilansir dari Kompas.

Pohon kedawung sendiri katanya memiliki banyak khasiat. Bagian daunnya dapat digunakan untuk obat sakit perut. Kemudian bijinya bisa mengatasi rasa sakit, seperti nyeri haid, nyeri sebelum bersalin, kolera, mulas, masuk angin, diare, borok, kudis, sakit pinggang, sakit jantung, cacingan, radang usus, hingga cacar air.

Bagian kulit kedawung pun dapat dimanfaatkan untuk mengobati kudis. Biji kedawung bisa ditumbuk untuk dijadikan obat cuci rambut. yang paling tampak dari kedawung adalah sifatnya sebagai anti bakteria serta digunakan dalam pengobatan tradisional untuk infeksi dan gangguan perut.

Harga kacang kedawung di pasaran saat ini beragam. Adapun kacang kedawung 1 kg antara Rp65 ribu hingga Rp85 ribu per bungkus, kemudian camilan biji kedawung kecil harganya hanya Rp3 ribu, kacang kedawung isi 1/2 kg (500 gram) harganya Rp35.500 sampai Rp50 ribuan, dan masih banyak lagi. Harga kacang kedawung dapat berubah sewaktu-waktu dan harga yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda.

Loading...