Harga Variatif, Kacamata Normal di Optik Tersedia dalam Beragam Model

Harga Kacamata Normal - id.carousell.comHarga Kacamata Normal - id.carousell.com

dan sunglass yang di optik umumnya hadir dengan lensa normal (OD/R = 0, OS/L = 0). Namun para yang memiliki gangguan mata seperti rabun jauh, rabun dekat, silindris, atau bahkan rabun senja juga bisa membeli paket frame dengan lensa minus, plus, silinder, dan sebagainya untuk memenuhi medisnya. Kisaran kacamata normal di optik ternama seperti Melawai atau Seis pun beragam, tergantung mereknya.

Sebagai informasi di Optik Melawai harga paket frame + lensa berkisar antara Rp255 ribu hingga Rp550 ribu. Sedangkan untuk frame harga dan merk yang ditawarkan sangat beragam, antara ratusan ribu hingga mencapai jutaan untuk branded. Kemudian di Optik Seis pun tak jauh berbeda. Harga kacamata normal berkisar ratusan hingga jutaan .

Meskipun harga kacamata bisa cukup menguras kantong, para pasien BPJS tak perlu khawatir. Pasalnya sampai tahun 2019 ini pihak BPJS masih menanggung biaya penyediaan kacamata untuk para peserta BPJS. Namun untuk mendapat kacamata dari BPJS, ada sederet persyaratan atau ketentuan yang perlu diperhatikan. “Kacamata itu manfaat suplemen atau tambahan dari BPJS Kesehatan, dan itu bukan manfaat utama pelayanan JKN (Jaminan Kesehatan Nasional),” kata Kepala Pemasaran BPJS Kesehatan Cabang Utama Palembang R Chandra Budiman, seperti dilansir Tribunnews.

Chandra mengingatkan, untuk memperoleh layanan tersebut, peserta BPJS hanya bisa mengajukannya di optik-optik yang telah bekerja sama dengan BPJS dan sebelumnya harus memperoleh resep dokter. “Peserta dirujukkan ke RS oleh faskes tingkat 1. Kemudian di poli mata RS mendapatkan resep kacamata. Setelah dilegalisir RS resep tersebut, peserta bawa ke optik yang bekerja sama,” jelas Chandra.

Adapun kacamata yang ditanggung oleh BPJS adalah yang sesuai dengan indikasi medis, minimal spheris 0,50 silindris 0,25. Sayangnya BPJS tidak menanggung layanan kacamata baca. “Untuk peserta kelas 1 haknya Rp300.000, kelas 2 haknya Rp200.000, dan kelas 3 haknya Rp150.000. Adapun bantuan kacamata diberikan per 2 tahun sekali,” pungkasnya.

Loading...