Harga Jual Tinggi, Burung Macaw Biru Bisa Jadi Investasi

Harga, burung, macaw, biru, kuning, blue, gold, jenis, per, ekor, and, mahal, makanan, toko, hewan, scarlet, pelihara, prestasi, investasi, keemasan,Burung macaw biru (Youtube: Audio Production)

Macaw adalah salah satu yang memiliki besar dan banyak dipelihara sebagai salah satu jenis . Namun, Macaw ini dipelihara tak hanya sebagai kicau saja, akan tetapi sebagai hias yang dapat dinikmati keindahan serta aksinya.

Hampir seperti kebanyakan burung berparuh bengkok lainnya, Macaw juga identik sebagai burung yang cerdas dan dapat dilatih dengan baik untuk menghafal majikannya, terbang bebas dan kembali (free flight), maupun melakukan beberapa atraksi yang tidak biasa dilakukan oleh jenis burung yang lainnya.

Burung Macaw sendiri biasanya memakan biji-bijian. Oleh karena paruh yang dimilikinya cukup kuat, maka burung ini dapat memecahkan beberapa jenis biji yang berkulit keras. Selain pemakan biji-bijian, Macaw juga menyukai sayur dan buah.

Ada beberapa jenis burung Macaw yang lazim dipelihara, seperti burung Macaw biru dan emas atau blue & gold Macaw, green winged Macaw, military Macaw, scarlet Macaw, dan yang lainnya. Untuk burung Macaw biru emas dianggap sebagai jenis yang yang paling populer di kalangan pecintanya. Dikarenakan burung yang satu ini banyak sekali di petshop atau toko burung lainnya.

Di Indonesia, burung blue & gold Macaw lebih dikenal dengan nama burung Macaw biru-kuning atau Araarauna. Sesuai dengan namanya, burung yang satu ini memiliki warna dominan biru serta kuning di seluruh tubuhnya. Warna biru terdapat pada bagian sayap, sementara tubuhnya berbalutkan warna kuning keemasan yang sangat indah.

Burung Macaw blue and gold disebut-sebut mampu bertumbuh hingga 90 cm. Apabila di alam liar, burung Macaw biru biasa tinggal di hutan yang berpadang rawa-rawa atau yang dekat dengan sumber air. Sementara sarangnya, burung ini lebih memilih di lubang pohon yang lebih kuat untuk melindungi diri dari kemungkinan buruk. Burung Macaw biru dijual mulai dari Rp5 jutaan bahkan hingga puluhan juta per ekornya. tersebut didapat saat burung sudah dewasa. Nilainya lebih mahal lagi ketika burung memiliki prestasi.

“Di kita (kalangan pecinta burung hias) kalau burungnya semakin menang tentu semakin mahal, ada prestisiusnya jadi mahal, seperti kucing, anjing kan semakin dia menang ya semakin mahal,” terang Ardan, salah seorang pecinta burung hias melalui Kumparan.

Menurut Ardan, dia dan kawan-kawannya tak ragu jika harus mengeluarkan kocek lebih dalam untuk mendapatkan satu ekor jenis burung dengan yang lebih bagus. Karena burung bisa dijadikan investasi, asalkan perawatannya tidak sembarangan.

“Kalau perawatannya bagus tentu burungnya kualitasnya bagus juga, jadi benar-benar disayang, jadi enggak cepat mati kalau bagus kualitasnya kan dijual juga pasti mahal. Bisa jadi investasi kan,” imbuhnya.

Harga burung Macaw memang tergolong cukup mahal, namun yang spesial dari burung ini adalah mudah berteman dengan manusia dan sifat burung yang tidak galak. Namun, setelah ditetapkan sebagai burung yang , maka burung Macaw tidak boleh diperjual-belikan, hanya saja pada beberapa jenis yang banyak dan mudah diternakkan masih banyak dijual di toko hewan.

Loading...