Turun Tipis, Harga Jual Emas Antam 10 Gram Hari Ini Rp7,1 Jutaan

Harga emas - okezone.comHarga emas - okezone.com

Jakarta – Hari Jumat atau Sabtu (28/9) pagi WIB terpantau turun. Nilai tersebut masih jadi tren penurunan emas selama 3 pekan belakangan. Anjloknya emas ditengarai akibat sejumlah Amerika Serikat yang di luar ekspektasi, sehingga memperkuat posisi dolar AS.

Dilansir CNBC melalui Liputan6, harga emas di spot dilaporkan turun 0,4 persen jadi USD 1.499,22 per ounce. Selama seminggu ini harga emas telah mengalami penurunan sekitar 1 persen. Sementara itu, harga emas berjangka AS juga turun sebesar 0,6 persen ke angka USD1.506,01 per ounce.

“Banyak data ekonomi AS jauh di atas perkiraan, seperti data rumah baru dan dolar yang kuat membebani emas sekarang,” papar Jigar Trivedi, seorang analis komoditas di Anand Rathi Shares & Stock yang berbasis di Mumbai.

Indeks penjualan rumah National Association of Realtors yang tertunda meningkat 1,6 persen jadi 107,3 pada Agustus 2019. Sementara itu, para ekonom yang telah disurvei Reuters memprediksi kenaikan hanya sebesar 0,9 persen. Prospek global pun menjadi semakin tidak pasti di tengah isu perang dagang AS dengan China yang masih belum menemui titik temu dan juga isu tentang pemakzulan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Para pelaku pasar sendiri saat ini cenderung bersikap waspada terhadap sinyal campuran dari China dan Amerika Serikat terkait konflik tarif mereka, yang sejauh ini sudah membantu kenaikan emas hingga 17% sepanjang 2019. Di sisi lain, sejumlah di dunia seperti The Fed, Eropa, dan Bank of Japan, sudah menurunkan acuannya untuk merangsang ekonomi di tengah kekhawatiran terhadap potensi resesi.

“Jika situasi ekonomi global tidak membaik, kita mungkin melihat bank sentral di seluruh dunia mengurangi suku bunga,” ucap Margaret Yang Yan, seorang analis pasar di CMC Markets.

Tak jauh berbeda, harga jual emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk hari ini pun terpantau turun tipis sebesar Rp1.000 menjadi Rp761 ribu per 1 gram. Adapun untuk harga emas Antam 10 gram berada di angka Rp7.185.000, sedangkan di Pegadaian harganya Rp7.525.000.

Loading...