Harga per Kg Bisa Sampai Rp100 Ribuan, Jeruk Dekopon Menarik untuk Dibudidayakan

Buah Jeruk DekoponBuah Jeruk Dekopon - samudrabibit.com

Sebagian masyarakat Indonesia mungkin sudah ada yang pernah mencicipi dan segarnya jeruk dekopon. Tak hanya nikmat untuk dikonsumsi, jeruk yang per 1 kg-nya bisa hingga Rp100 ribuan ini ternyata juga cukup menguntungkan untuk dibudidayakan.

Secara tampilan, jeruk dekopon mempunyai yang besar mirip jeruk bali. Kulitnya besar, kemudian bagian daging buahnya tebal tetapi lembut saat berada di ujung lidah. Yang lebih menarik lagi, jeruk ini tanpa biji dan terasa manis. Jeruk dekopon kabarnya pertama kali dibudidayakan di Jepang tahun 1972 silam dari hasil persilangan jeruk Kiyomi Tangor dan Ponkan jeruk mandarin (Chinese Honey Orange.

Salah satu jeruk dekopon asal Kabupaten Bandung Barat, Ino Suwarno mengaku kewalahan memenuhi permintaan jeruk dekopon dari sejumlah kota besar. “Ada permintaan untuk memasok Jawa Timur, tapi saya tolak karena memenuhi peningkatan permintaan di Jabodetabek saja saya sudah kesulitan,” ungkap Ino, seperti dilansir Kabarbisnis.

Ino menjelaskan, di daerahnya jumlah petani yang membudidayakan jeruk dekopon masih sedikit. Selain itu, di Jepang sana harga 1 dekopon dengan berat 340 gram bisa mencapai sekitar Rp80 ribu. “Saya yakin di Indonesia, khususnya di kota-kota besar, juga akan laku,” ucap Ino.

Tahun 2017 lalu Ino mengelompokkan jeruk-jeruk dekopon dalam 2 kategori, yakni yang kualitasnya paling bagus grade A per 1 kilogram (isi 3 buah) dijual dengan harga Rp55 ribu, kemudian grade B yang 1 kilo berisi 4 buah dihargai lebih murah, yakni Rp44 ribu. Ino bercerita, hasil 140 pohon jeruk dekopon, ia berhasil meraup omzet hingga Rp420 juta selama semusim. “Laba bersihnya berkisar Rp295 juta,” akunya.

Nah, saat ini harga jeruk dekopon per kg tentunya mengalami peningkatan. Per kilo isi sekitar 3 buah jeruk dekopon bisa dengan harga Rp80 ribu hingga Rp100 ribuan. Per pohon dekopon biasanya bisa menghasilkan sekitar 15-25 kg jeruk. Tak heran jika kemudian beberapa petani menganggap budidaya jeruk dekopon begitu menggiurkan untuk dicoba.

Loading...