Bikin Jeans Lama Terlihat Baru, Harga Jasa Wenter Ternyata Terjangkau

jasa wenter jeans wantexIlustrasi : Berbagai macam celana jeans - www.facetofeet.com

Celana jeans lama yang warnanya sudah usang atau kelunturan lain sebenarnya masih bisa “diselamatkan” dengan menggunakan wenter/wantex. Ada beberapa penyedia jasa wenter atau pewarnaan kembali jeans lama yang telah memudar. jasa wenter atau naptol jeans bisa beragam, tergantung yang hendak diwenter. Umumnya, tarif jasa wenter berkisar mulai Rp20 ribuan hingga Rp30 ribuan per potong jeans.

Pilihan cat wenter yang tersedia antara lain hitam, biru, cokelat, merah, hingga hijau. Selain celana atau jaket berbahan jeans, jasa wenter juga dapat digunakan untuk pewarnaan kembali busana berbahan katun. Pengerjaan wenter tersebut tidak butuh waktu terlalu lama, biasanya hanya dalam hitungan beberapa hari saja jeans Anda sudah kembali terlihat seperti baru.

Jasa wenter jeans biasanya akan banyak diburu menjelang Lebaran. Hal ini diakui oleh salah satu pemilik jasa naptol di daerah Yogyakarta, Hafid Setiawan. Saat hari-hari biasa, ia biasa mengerjakan 20 celana jeans per hari. Tetapi menjelang Lebaran, permintaan naptol jeans bisa mencapai 90 celana. “Biasanya jeans yang belinya udah mahal, jadi kalau warnanya pudar ya sayang kalau enggak dipakai lagi. Biar keliatan baru pas Lebaran,” kata Hafid, seperti dilansir Krjogja.

Sebenarnya, mewarna jeans lama bisa dilakukan sendiri di rumah dengan menggunakan dan sederhana. Yang terpenting, Anda harus memiliki Wantex atau pewarna kain yang sudah banyak di pasaran dengan harga beberapa ribu saja.

Caranya mudah, pastikan jeans lama sudah dalam bersih dan kering. Kemudian, larutkan Wantex dalam air mendidih di sebuah panci besar yang kapasitasnya cukup untuk merendam jeans yang hendak diwarnai. Sebaiknya gunakan panci bekas atau panci yang tidak akan digunakan untuk memasak kembali. Selanjutnya, rebus jeans dalam panci yang sudah berisi larutan Wantex dengan api masih menyala. Aduk jeans dengan bantuan spatula kayu.

Lakukan proses wenter atau wantek ini dengan api kecil, tambahkan air apabila sudah terlihat surut. Proses wenter ini setidaknya butuh waktu sekitar 15-20 menit. Jangan lupa untuk membolak-balik jeans sesekali supaya pewarnaan merata. Jika sudah selesai, matikan api. Biarkan jeans terendam sampai larutannya dingin.

Setelah larutan dingin, bilas jeans sebanyak 4-5 kali untuk menghilangkan bagian warna yang luntur. Kemudian, jemur jeans sampai kering. Hindari menjemur di bawah sinar matahari langsung supaya warna jeans tidak pudar.

Loading...