Tergantung Luas Bangunan, Berapa Harga Desain Arsitektur per M2?

Desain Arsitektur - www.bytr.nlDesain Arsitektur - www.bytr.nl

Selama ini mungkin masih banyak Indonesia yang ragu menggunakan arsitek untuk mendesain rumah atau bangunan mereka. Ketidaktahuan akan besarnya atau desain membuat banyak orang segan menggunakan jasa arsitek. Padahal, tarif desain ini biasanya dihitung berdasarkan berbagai aspek, termasuk luas bangunan per meter persegi (m2).

Beberapa waktu silam, Her Pramtama, Ketua Kehormatan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jakarta menjelaskan jika honorarium arsitek kini sudah transparan dan dapat dicek. Terlebih karena ketetapan honorarium telah disahkan sejak tahun 2012.

“Besar imbalan jasa arsitek merupakan persentase dari besar nilai biaya bangunan yang disesuaikan dengan jenis bangunan tersebut. bangunan dan tabel perhitungan imbalan jasa arsitek ini diatur sesuai yang tercantum pada buku pedoman hubungan kerja antara arsitek dengan pengguna jasanya,” kata Her di Jakarta, seperti dilansir dari Kompas.

Berdasarkan ketetapan IAI Jakarta, untuk pekerjaan rumah tinggal yang dikategorikan sebagai pekerjaan dengan tingkat kompleksitas tinggi, maka nilai honorarium atau imbalan jasa arsitek dihitung minimum sebesar Rp200 ribu per meter persegi atau 7% dari nilai fisik bangunan/konstruksi. Di pasaran pun para arsitek mematok biaya jasa desain arsitektur per m2 antara Rp100 ribu hingga Rp1 juta, tergantung dari pengalaman dan skill masing-masing arsitek.

Dengan metode pembayaran jasa arsitek per meter persegi, keunggulannya arsitek tak akan membuat pemilik proyek menjadi boros karena biaya desain per meter sudah ditetapkan di awal. Selain itu, pemilik proyek pun bisa lebih mudah dalam menghitung sekaligus memperkirakan berapa biaya desain yang dibutuhkan untuk proyek pembangunan tersebut.

Sebagai contoh, di salah satu penyedia jasa desain arsitektur, yakni Emporio Architect yang memiliki di Jakarta, Bali, Bandung, dan juga Yogyakarta, biaya jasa desain rumah untuk luas bangunan antaran 0-250 m2 dipatok Rp35 juta, kemudian luas bangunan 251-300 m2 biaya desainnya Rp40 juta, luas bangunan 301-350 m2 dikenai tarif Rp45 juta, luas 351-400 m2 biayanya Rp50 juta, luas 401-450 m2 dikenai biaya Rp55 juta, dan luas bangunan 451-500 m2 biaya desainnya mencapai Rp60 juta.

Loading...