Bisa Mengukur Berbagai Benda, Harga Jangka Sorong Digital Mitutoyo Capai Jutaan Rupiah

Jangka Sorong Digital - www.tokopedia.comJangka Sorong Digital - www.tokopedia.com

Jangka sorong merupakan ukur yang memiliki ketelitian hingga seperseratus milimeter. ukur satu ini hadir dalam wujud analog maupun yang telah dilengkapi dengan display untuk memudahkan pembacaan hasil pengukuran. Jika dibandingkan dengan yang analog, harga jangka sorong biasanya terpaut lebih mahal. Di ada beragam merk jangka sorong digital yang bagus, salah satunya seperti Mitutoyo buatan Jepang.

Sebagai , Sigmat jangka sorong 6 inch MITUTOYO Digital Caliper 150 mm dijual dengan harga Rp2,15 juta. Kemudian ada juga Sigmat jangka sorong 12 inch MITUTOYO Sigmat digital caliper yang harganya bisa mencapai Rp9,5 juta. Harga jangka sorong digital Mitutoyo yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda.

Jangka sorong biasanya terdiri dari dua bagian, yakni bagian yang diam dan bagian yang bergerak. Pembacaan hasil pengukuran sangat bergantung pada keahlian dan ketelitian pengguna maupun alat. Pada jangka sorong analog, umumnya memiliki tingkat ketelitian 0,005 cm untuk jangka sorong di bawah 30 cm dan 0,01 cm untuk yang di atas 30 cm.

“Jangka sorong dapat dibedakan menjadi jangka sorong analog dan jangka sorong digital. Jangka sorong analog memiliki bagian yang digeser yaitu skala goresan. Skala goresan dibagi menjadi dua yaitu skala nonius atau skala vernier. Pembacaan skala nonius dan skala vernier pada jangka sorong analog dilakukan secara bersamaan. Sedangkan jangka sorong digital merupakan jangka sorong yang menampilkan secara langsung dalam bentuk digital. Penggunaan jangka sorong digital sangat mudah karena langsung tertera di layar,” demikian seperti dilansir dari Wikipedia.

Jangka sorong bisa digunakan untuk mengukur berbagai benda, termasuk diameter sebuah kelereng, diameter dalam sebuah tabung atau cincin, hingga kedalaman sebuah tabung. Pada praktiknya, jangka sorong kerap digunakan untuk banyak bidang , seperti teknik mekanika, pandai besi, forestry, pertukangan kayu, sains, obat-obatan, hingga fisika. Jangka sorong analog maupun digital biasanya banyak dijual di toko-toko alat pertukangan terdekat.

Loading...