Dipercaya Lancarkan Persalinan, Harga Jambu Dersono per Kg Lebih Mahal dari Jambu Biasa

Harga Jambu Dersono Lebih Mahal dari Jambu Biasa - www.lintangsore.com

Jenis jambu ada beragam. Dari sekian banyak macam jambu, jambu dersono atau yang memiliki nama Latin Syzygium malaccense ini termasuk salah satu buah yang mempunyai jual cukup tinggi. Keberadaannya yang tergolong dan tekstur yang menarik membuat buah yang juga disebut jambu air bol ini dengan harga antara Rp40 ribuan hingga Rp59 ribuan per 1 kg. Luar biasa sekali bukan?

Jambu darsono biasanya banyak dicari oleh ibu hamil karena dipercaya memiliki kandungan beragam nutrisi yang dapat melancarkan persalinan. Jenis jambu dersono sendiri ada beragam. “Macamnya ada Jamaika, Citra, Camplong, Kaget, dan Klutok merah,” kata Nurhadi (55), petani jambu Dersono Desa Plosokandang, Kecamatan Kedungwaru, seperti dilansir Jatimtimes.

Lebih lanjut, Nurhadi menjelaskan tentang perbedaan antara jambu dersono jenis jamaika dengan jenis citra. “Jenis jambu Jamaika memiliki tekstur dan yang sangat menarik (merah keunguan). Dan jenis Citra bentuknya lebih kecil, berwarna hijau dan rasanya lebih manis,” ungkapnya.

Pria yang dulunya bertani belimbing ini mengaku bahwa menanam dan merawat jambu dersono tidak terlalu sulit. “Kalau bisa merawat tanaman belimbing, pasti bisa merawat jambu dersono, bahkan lebih mudah,” jelas Nurhadi.

Sebagai , jambu dersono disebut kaya akan antioksidan seperti C dan A. Dalam 100 gram jambu dersono diklaim mengandung C hampir setara dengan jeruk mandarin, yaitu sekitar 22 mg per 100 gram buah. Kandungan A-nya pun cukup tinggi. Walau tak setinggi kadar dalam jeruk mandarin, tetapi jauh lebih tinggi dibandingkan apel.

Tak hanya dapat mempercantik kulit, konsumsi jambu dersono yang kaya akan vitamin C bermanfaat sebagai antioksidan untuk menjaga sel, meningkatkan penyerapan asupan zat besi, sekaligus memperbaiki mutu sperma dengan cara mencegah paparan radikal bebas. Yang lebih menarik lagi, jambu bol dipercaya dapat mengatasi sembelit, diabetes, batuk, sakit kepala, hingga radang selaput lendir pada saluran . Dari segi tekstur pun jambu bol disebut lebih enak dari jambu air karena tekstur dagingnya yang lebih lembut dan lebih padat.

Loading...