Cocok Buat Minuman Sehat, Ini Harga Jahe Emprit per Kg

Harga Jahe Emprit - www.bukalapak.comHarga Jahe Emprit - www.bukalapak.com

JAKARTA/BANTUL – Jahe telah lama dikenal sebagai salah satu herbal yang memiliki banyak manfaat untuk , termasuk mengatasi mual dan muntah, menyehatkan sistem pencernaan, menyehatkan , hingga mendukung kardiovaskular. Setidaknya, ada tiga jahe yang dikenal masyarakat, salah satunya jahe emprit yang saat ini dengan berkisar Rp23 ribu sampai Rp27 ribuan per kg.

Tidak susah mendapatkan jahe emprit karena tanaman ini sudah dijual bebas di pasaran. Anda bisa membelinya di berbagai pasar tradisional, swalayan modern, atau situs jual beli online. Di situs e-commerce, harga per kg jahe emprit mulai Rp23 ribuan. Sementara, apabila Anda membeli setengahnya atau 500 gram, dijual dengan harga Rp15 ribu sampai Rp17 ribuan. Untuk yang sudah dalam kondisi bubuk, harganya sedikit lebih mahal, Rp17 ribuan per 250 gram.

Jika dibandingkan jahe merah, jahe emprit dan jahe gajah memiliki citarasa yang tidak terlalu pedas. Karena itu, kedua jenis jahe ini paling sering diolah untuk atau . Daging keduanya sendiri berwarna kuning hingga putih. Selain itu, serat jahe emprit dan jahe gajah tergolong lebih lembut sehingga mudah dikonsumsi.

Dengan manfaatnya yang beragam, banyak orang yang akhirnya membuka usaha menjual minuman berbahan jahe emprit, salah satunya Berty. Warga Sorowajan, Banguntapan, Bantul ini menjual minuman sirup jahe emprit bernama Berkah, yang awalnya ditawarkan secara pintu ke pintu kepada masyarakat setempat. Lantas, usahanya berkembang dan akhirnya merambah daerah lain seperti Bandung, Jakarta, hingga Malaysia.

“Mereka suka ambil sirup jahe di kami karena lebih praktis dan rasanya tidak kalah dengan jahe yang di-geprek secara langsung. Biasanya, pedagang angkringan ini mencampurkan dengan susu untuk dibuat susu jahe atau teh jahe,” kata Berty. “Rata-rata sirup jahe emprit botol kecil dapat digunakan untuk membuat minuman wedang jahe sebanyak 20 gelas. Sementara, botol besar antara 40 hingga 45 gelas wedang jahe.”

Loading...