Diklaim Bersifat Unggul, Berapa Harga Jagung Hibrida per Kg?

Ilustrasi : Jagung yang telah dikupasIlustrasi : Jagung yang telah dikupas

MADURA/BONE – Selain beras, jagung menjadi salah satu panganan pokok bagi sebagian masyarakat . Ada beberapa jagung yang telah dikembangkan di dalam negeri, salah satunya jagung hibrida. Diklaim punya karakter atau sifat yang unggul, harga jagung hibrida di tingkat saat ini berkisar Rp3.500 hingga Rp4 ribuan per kg.

Saat ini, memang semakin banyak petani yang mulai beralih menanam jagung hibrida. Di Pamekasan, Madura misalnya, hampir 90 persen petani sudah menggunakan jagung hibrida untuk tanam swadaya maupun program pemerintah. Jagung ini diakui punya produktivitas tinggi, mencapai 8 ton pipilan per hektare, jauh di atas jagung lokal yang hanya 2 sampai 3 ton pipilan per hektare.

“Bayangkan, jika harga sekarang Rp3.500 per kg pipilan kering, maka keuntungan petani bisa mencapai Rp20 jutaan,” kata Direktur Sayuran dan Tanaman Obat, Moh. Ismail Wahab, dilansir Indopos. “Jagung ini mudah dijual ke peternak, jadi tidak usah pusing mikirin . Bahkan, di bulan Maret kemarin, petani tanam seluas 1.120 hektare dengan benih bantuan pemerintah.”

Tidak hanya di Madura, penanaman jagung hibrida juga telah merambah daerah lain. Bahkan, di Bone, pemerintah mendorong daerah tersebut sebagai pioner produsen benih jagung hibrida di timur Indonesia. Upaya ini diwujudkan melalui Program Pengembangan Penangkaran Benih Jagung Berbasis Korporasi Petani.

“Target kami adalah meningkatkan kapasitas petani agar pintar membuat benih jagung hibrida secara mandiri,” papar Direktur Perbenihan Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, Takdir Mulyadi, baru-baru ini. “Hal ini sesuai dengan program Gubernur yang ingin menjadikan Provinsi Sulawesi Selatan sebagai Provinsi Mandiri Benih Jagung Hibrida.”

Takdir menyebutkan bahwa Kabupaten Bone merupakan salah satu sentra pertanaman jagung sekaligus sebagai daerah penangkaran benih jagung hibrida. Sudah tidak asing lagi sejak beberapa tahun ini, kelompok tani di Desa Tajong, Kecamatan Tellu Siattinge, Bone telah bekerja sama dengan BPTP dan Balitser sebagai penangkar benih jagung hibrida.

Nah, apabila Anda juga berniat menanam jagung hibrida di lahan Anda, tidak sulit mendapatkan benih jagung tersebut. Anda bisa membelinya di berbagai toko pertanian maupun situs jual beli . Di dalam negeri, benih jagung hibrida P36 dijual dengan harga Rp95 ribuan per kg, harga benih BISI 18 sekitar Rp80 ribuan per kg, sedangkan benih Pioneer P21 sekarang dilepas dengan banderol Rp115 ribuan per kg.

Loading...