Berfungsi untuk Obati Luka, Berapa Harga Iodosorb Gel?

Mengobati Bekas Luka - www.scripps.orgMengobati Bekas Luka - www.scripps.org

Mengobati luka dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya menggunakan Iodosorb besutan Smith & Nephew. Iodosorb diproduksi dalam dua wujud sediaan, yakni serbuk (powder) dan gel. Namun, yang lebih banyak beredar di adalah Iodosorb dalam wujud bubuk. Sedangkan Iodosorb gel lebih banyak di dengan yang jauh lebih mahal dari serbuk.

Di Tanah Air, Iodosorb powder dijual dengan harga mulai Rp67.500 hingga Rp90 ribuan per sachet isi 3 gram. Kemudian Iodosorb powder per box isi 7 pcs harganya mencapai Rp577 ribu. Sedangkan harga Iodosorb gel di luar negeri kemasan tube 10 gr dibanderol USD21,99 atau sekitar Rp322 ribuan dan kemasan ukuran 40g harganya USD59,99 atau setara Rp878 ribuan per tube.

“Iodosorb merupakan serbuk steril yang berwarna coklat tua yang mengandung cadexomer (butiran mikro kanji yang dimodifikasi) yang berisi iodine 0,9%,” kata dr. Radhianie Djan dari Alodokter. Kandungan Cadexomer iodine dalam Iodosorb ini berfungsi sebagai antiseptik yang bisa membunuh , jamur, virus, protozoa, trichomonas, dan spora dengan cara bereaksi dengan asam amino dan enzim mikroba.

Indikasi Iodosorb digunakan untuk terapi topikal pada luka kronik yang bereksudat pada ulkus vena, ulkus diabetik, dan ulkus dekubitus. Iodosorb diklaim memiliki efek antimikroba dengan lama kerja panjang (mencapai 72 jam). Selain itu, Iodosorb powder dapat berubah menjadi gel yang lembut dan dapat memberikan lingkungan yang lembap pada luka, membantu mengurangi bau pada luka, mampu menembus lapisan biofilm, serta merupakan senyawa dengan BM besar yang tidak langsung diabsorpsi setelah diaplikasikan pada luka, melainkan dapat dibiodegradasi.

“Iodosorp merupakan balutan ( dressing) yang digunakan pada terapi topikal luka kronik dan bereksudat. Balutan ini juga dapat digunakan bersama dengan terapi kompresi dan juga boleh digunakan pada luka terinfeksi, tetapi infeksi harus diperiksa dan diterapi sesuai dengan protokol klinis setempat,” jelas dr Radhianie.

Cara menggunakan Iodosorb powder adalah dengan menaburkannya langsung pada permukaan luka sesuai bentuk luka hingga membentuk lapisan setebal ±3 mm. Tutup luka secara keseluruhan dengan dressing sekunder. Iodosorb harus diganti jika telah jenuh oleh cairan luka dan semua iodine telah dilepaskan (dapat dilihat dari memudarnya warna Iodosorb), biasanya diganti 2-3 kali seminggu atau jika banyak cairan luka, perlu diganti setiap hari.

Loading...