Tahan Penyakit & Masa Panen Singkat, Ini Harga Indukan Lele Mutiara

Lele Mutiara - www.sangkutifarm.comLele Mutiara - www.sangkutifarm.com

Selain sangkuriang, mutiara juga termasuk tawar yang banyak diminati untuk dibudidayakan. Bahkan kabarnya benih ikan lele “mutu tinggi tiada tara” alias mutiara ini terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Tak heran bila indukan lele mutiara yang berkualitas dan bersertifikat bisa cukup mahal.

Menurut Lilik Toto Wisojo, pemilik usaha pembenihan ikan di Desa Pasuruan, Kecamatan Penengahan, Lampung, jenis lele mutiara mempunyai banyak keunggulan, di antaranya daya tahan yang tinggi terhadap penyakit, masa panen singkat hingga 75 hari dari normalnya 90 hari satu siklus tebar, serta yang lebih cepat menjadi pilihan dengan sistem tanah, semen, atau terpal. Para pembudidaya ikan lele mutiara skala rumah tangga kabarnya sering memakai terpal untuk .

“Budidaya relatif mudah, singkat, penggunaan pakan yang bisa dihemat, menjadi alasan lele mutiara kerap dibudidayakan dalam skala rumah tangga hingga budidaya untuk komersial. Lele mutiara memiliki keunggulan dibanding jenis lele lain, sehingga bisa jadi pilihan untuk bisnis perikanan,” beber Lilik, seperti dilansir Cendananews.

Sementara itu, pembudidaya ikan lele mutiara lainnya bernama Trubus mengakui bahwa per seribu ikan lele mutiara dapat menghasilkan maksimal hingga 9 kuintal. Konsumen ikan lele mutiara konsumsi berasal dari pemilik warung makan dan konsumen rumah tangga. “Prospek budidaya lele mutiara sangat menjanjikan, sehingga cocok jadi usaha sampingan bernilai ekonomis tinggi,” ujar Trubus.

Ia menjelaskan, keuntungan budidaya ikan lele mutiara saat hasil panen maksimal cukup tinggi. Proses budidaya singkat dengan penggunaan lahan terbatas, ia bisa memperoleh keuntungan kotor hingga Rp6 juta. Apabila dikurangi dengan biaya pakan dan lain-lain, Trubus masih bisa memperoleh keuntungan bersih sekitar Rp1,5 juta. Hasil penjualan dapat dipakai untuk budidaya siklus berikutnya.

Sebagai gambaran, harga indukan lele mutiara di pasaran cukup beragam. Misalnya induk lele mutiara sertifikat BPPI Subang sepaket isi 1 ekor jantan dan 1 betina dipatok Rp250 ribu, untuk 2 jantan 2 betina harganya Rp450 ribu, serta paket isi 5 lele mutiara jantan dan 10 betina dijual antara Rp1,5 juta hingga Rp2,65 juta untuk yang kualitas super.

Loading...