Harga Jutaan Rupiah, Incinerator Mini Bisa Bakar Sampah Tanpa Asap

Incinerator Mini untuk Bakar Sampah - (YouTube: Joe Barbas)Incinerator Mini untuk Bakar Sampah - (YouTube: Joe Barbas)

Masalah pengelolaan sampah memang perlu diperhatikan agar tidak membawa dampak yang buruk untuk . Oleh sebab itu, kini dikembangkan sebuah yang diklaim ramah lingkungan seperti incinerator mini. Harga incinerator mini atau portabel berkisar di angka jutaan .

Sebagai , harga incinerator mini manual galvanis dibanderol Rp3 juta, portable drum incinerator Rp20 jutaan, dan ada pula yang dijual seharga Rp18 jutaan. Harga incinerator mini ini sangat beragam, tergantung , model, , dan kapasitasnya.

Incinerator diklaim sebagai pengolahan sampah yang dapat membakar tanpa mengeluarkan asap. Tahun 2018 lalu bahkan seorang warga Mataram dapat mengembangkan incinerator mini bernama GT 13 AW RD dalam kurun waktu 7 bulan dengan total mencapai Rp35 juta. “Yang mahal dan lama adalah risetnya,” ungkap Miftahurrahman, Kepala Balitbang Kota Mataram, seperti dilansir Radarpekalongan.

Alat yang dibuat sebagai solusi mengatasi persoalan sampah di Kota Mataram tersebut memiliki daya tampung 0,016 meter kubik (m3) dan mampu membakar sampah dalam kurun waktu 5-10 menit tanpa mengeluarkan asap sedikit pun. Miftah menjelaskan, tiap 10 menit sampah akan terbakar habis. “Kalikan saja dengan daya tampung tabungnya,” tuturnya.

Komponen incinerator mini tersebut cukup paten, terdiri dari sebuah tabung pembakaran dengan bahan dari tembaga yang tebal dan anti panas. Tabung itu juga dihubungkan dengan sebuah filter atau penyaring asap. Usai disaring sedemikian rupa, asap akan memasuki penyaringan tahap selanjutnya dan mengubah asap jadi uap. Hasil akhir uap tersebut akan menetes seperti embun.

Incinerator mini GT 13 AW RD dibuat hasil kerja sama warga Getap, Cakranegara, Mataram bernama Aeko Zulhimam dan Balitbang Kota Mataram. Aeko sendiri bukanlah sarjana teknik, tetapi sarjana pendidikan, tepatnya guru pendidikan ekonomi (IPS). Akan tetapi, karena memiliki semangat untuk mengurai masalah sampah, ia pun berinisiatif menciptakan alat incinerator mini.

Selain sampah kebun dan sampah rumah tangga, teknologi insinerasi disebut-sebut mempunyai banyak manfaat untuk mengolah berbagai sampah seperti sampah medis dan sampah berbahaya lain di mana patogen dan racun dapat hancur dengan temperatur tinggi.

Loading...