Rekor Ikan Termahal, Harga Tuna Sirip Biru Bisa Tembus Rp43 Miliar!

Harga Tuna Sirip Biru - www.pewtrusts.orgHarga Tuna Sirip Biru - www.pewtrusts.org

tuna termasuk salah satu hasil laut yang cukup menguntungkan. Selain memiliki harga jual yang tinggi, tuna juga merupakan yang lezat untuk diolah menjadi berbagai masakan. Ada banyak jenis tuna, mulai dari tuna albacore, tuna skipjack, tuna sirip kuning, hingga tuna sirip biru. Di Indonesia, harga tuna sirip biru segar atau Bluefin per 1 kilogram (kg) yang kualitasnya standar bisa dijual hingga Rp90 ribu, sedangkan yang super per kilo bisa mencapai Rp120 ribu.

Yang lebih menarik lagi, jenis ikan yang dikenal kaya akan ini kabarnya juga bisa dibanderol setara dengan harga mobil Toyota Camry. Seperti diketahui, pasaran harga mobil Toyota Camry baru di Tanah Air berkisar di angka Rp600 juta. Luar biasa sekali bukan?

Ikan tuna sirip biru kabarnya memiliki sejumlah manfaat untuk , mulai dari mampu menyehatkan jantung, sumber protein yang lengkap, kaya vitamin B6, dan juga merupakan sumber mineral yang baik. Oleh sebab itu, ikan tuna sirip biru yang dikenal sebagai jenis tuna paling besar ini kerap disajikan sebagai ikan mentah dalam sashimi atau sushi di Jepang sana.

Berbeda dari Indonesia, harga ikan tuna sirip biru di Jepang bisa dijual lebih berkali-kali lipat. Seperti dilaporkan Reuters, pada Januari 2019 lalu seorang pemilik rantai sushi Sushizanmai, Kiyoshi Kimura rela mengeluarkan uang sejumlah 333,6 juta yen atau setara Rp43,8 miliar untuk seekor tuna sirip biru raksasa seberat 278 kg. Lelang tuna termahal tersebut sekaligus menjadi rekor 2 kali lipat dari harga tuna pada 2013 silam.

“Tuna terlihat sangat lezat dan segar, tapi saya pikir saya membayar terlalu besar. Saya taksir harganya antara 30 juta sampai 50 juta yen, atau mungkin 60 juta yen untuk tawaran tertinggi, tapi harga lelang terakhir sampai lima kali lipat,” kata Kimura di ikan Toyosu.

Usai dibeli dengan harga fantastis, ikan hasil lelang tersebut akan dijual di restoran Sushizanmai milik Raja Tuna ini. Tetapi sepertinya satu porsi ikan tersebut dijual dengan harga reguler, yaitu sekitar 200 AS atau setara dengan Rp2,8 jutaan per porsi. Tertarik mencicipinya?

Loading...