Tergantung Stok, Berapa Harga Ikan Tenggiri di Pasaran Saat Ini?

Harga Ikan Tenggiri di Pasaran - www.tokopedia.comHarga Ikan Tenggiri di Pasaran - www.tokopedia.com

BANDUNG/BELITUNG – Layaknya beras dan gula, ikan di pasaran juga cenderung , tergantung serta stok ikan yang bersangkutan. Ikan tenggiri misalnya, saat ini di pasaran dengan harga berkisar Rp70 ribu hingga Rp90 ribuan per kilogram. Banderol ikan ini cukup tinggi dibandingkan ikan seperti tongkol atau kerisi, karena konon lebih susah ditangkap.

Pada bulan Agustus 2019 ini, seperti dilansir dari Jabar News, harga sejumlah komoditas di pasar Kota Bandung mengalami kenaikan. Ikan tenggiri di beberapa pasar dijual dengan harga Rp90 ribuan per kilogram, lebih mahal dibandingkan ikan gurame dengan harga Rp55 ribuan per kilogram atau ikan tongkol dengan harga Rp40 ribuan per kilogram.

Hampir mirip, harga ikan di Pasar Tanjungpandan, Kabupaten Belitung juga mengalami kenaikan. Bulan ini, ikan tenggiri dijual dengan harga Rp70 ribuan per kilogram, naik sekitar Rp10 ribu, sedangkan banderol ikan mengali Rp50 ribuan per kilogram dan harga ikan pari Rp25 ribuan per kilogram. Meski naik, namun harga ikan ini masih dinilai normal.

“Angin memengaruhi hasil tangkapan nelayan, jadi wajar harga naik karena sesuai dengan pengeluaran nelayan juga. Terkadang, kasihan juga dengan nelayan karena pengeluaran mereka tidak sesuai dengan pendapatan,” ujar Amin, salah satu pedagang, dilansir Pos Belitung. “Harga ikan saat ini masih normal, tetapi tidak tahu bagaimana ke depannya.”

Hampir senada, pedagang ikan lainnya bernama Prima menuturkan bahwa harga ikan yang ia jual memang bervariasi, seperti ikan ucul karang Rp20 ribuan per kilogram, dengan modal Rp15 ribuan per kilogram. Sementara, anak tenggiri ia jual dengan harga Rp15 ribuan per kilogram, sama seperti harga ikan anjang-anjang.

Ikan sendiri merupakan salah satu yang sedang gencar dipromosikan di Indonesia. Berbagai penelitian sudah menyebutkan mengenai makan ikan terhadap , termasuk sebagai salah satu nutrisi yang baik untuk otak. Nah, salah satu ikan dengan manfaat demikian adalah tenggiri karena diklaim sebagai sumber omega 3 yang baik.

Loading...