Banyak Dipakai Pakan Alternatif, Harga Ikan Rucah Terbilang Ekonomis

Ikan Rucah - www.tokopedia.comIkan Rucah - www.tokopedia.com

Di tengah mahalnya pabrik, banyak pembudidaya yang akhirnya memutar otak dengan mempertimbangkan memberi pakan alternatif untuk -ikan budidaya mereka. Salah satu pakan alternatif yang dinilai bergizi tinggi dan memiliki ekonomis adalah ikan rucah. ikan kecil atau ikan teri ini dikenal mempunyai kandungan dan lemak yang relatif tinggi.

Ikan rucah kerap digunakan sebagai umpan untuk memancing, sumber makanan alternatif protein tinggi untuk budidaya ikan, bahan utama pembuatan pakan buatan ikan, hingga diolah menjadi tepung ikan. Ikan rucah biasanya tersebar di beberapa daerah dan kerap ikut terjaring nelayan ketika menangkap ikan di laut. Sayangnya, ikan kecil ini adalah jenis ikan yang tidak layak dikonsumsi, sehingga harga jualnya pun cukup murah.

Salah satu daerah yang ikan rucahnya melimpah adalah Mesuji. “Karakteristik Mesuji yang berawa, kaya akan ikan rucah (kecil). Hal ini dapat menjadi pakan alternatif untuk beberapa jenis ikan,” kata Sekretaris Disnakertrans Mesuji, Arif Arianto, seperti dilansir Kupastuntas.

Lebih lanjut Arif mengungkapkan jika pihaknya secara swadaya bersama kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) sebelumnya telah menguji coba pakan alternatif berupa ikan rucah untuk dipakai sebagai pakan alternatif. “Hasilnya luar biasa. Sebagai perbandingan, pakan mengandung protein sebesar 30-36%, sedangkan ikan rucah lebih banyak dari itu,” jelas Arif.

Menurutnya, pemakaian ikan rucah sebagai alternatif pakan bisa menekan biaya operasional budidaya ikan. “Ikan rucah di sini mudah di temukan, karena berlimpah. Jika pun membeli harganya murah. Sekarang ini para pembudidaya berlomba-lomba mencarinya,” imbuhnya.

Ikan ini dapat dimanfaatkan untuk pakan lele tambahan karena tak dikonsumsi oleh manusia. Ikan rucah biasanya tak banyak memiliki tulang atau duri, dengan demikian bisa langsung dicincang kemudian diberikan pada lele. Tetapi, untuk ikan yang banyak memiliki tulang atau duri sebaiknya direbus terlebih dahulu.

Di , harga ikan rucah relatif terjangkau. Menurut penelusuran di situs jual-beli online, harga ikan rucah 5 kilo dijual Rp30 ribu. Sedangkan harga ikan rucah per 1 kilogram (kg) berkisar mulai Rp4 ribuan. Ikan ini umumnya cukup mudah ditemukan di tempat pelelangan ikan (TPI).

Loading...