Punya Daging Padat, Berapa Harga Ikan Nila per Kilogram?

Harga Ikan Nila - fajar.co.idHarga Ikan Nila - fajar.co.id

CIANJUR/KLATEN – Selain laut, air tawar juga digemari banyak penduduk karena dinilai punya yang tidak kalah lezat. Beberapa tawar yang sering dikonsumsi antara lain lele, gabus, hingga nila. Khusus nama yang terakhir, di pasaran saat ini, per kilogramnya masih cenderung normal.

Dilansir dari Inilah Koran, meski harga sejumlah ikan air tawar di tradisional Cianjur mengalami kenaikan pada awal September 2019, banderol ikan nila masih tergolong normal. Ikan tersebut ditawarkan dengan harga Rp28 ribuan per kilogram untuk ukuran kecil dan Rp32.000 per kilogram untuk ukuran besar. Bandingkan dengan harga ikan mas yang naik 15%, dari Rp24 ribu menjadi Rp27 ribu per kilogram.

Jika Anda menelusuri beberapa jual beli online dalam negeri, harga ikan nila juga tidak terlampau jauh. Salah satu pedagang misalnya, menawarkan ikan nila segar dengan harga Rp40 ribuan per kilogram. Sementara, penjual yang lain menjual ikan nila segar dengan banderol Rp19 ribuan untuk berat 500 gram.

Ikan nila sendiri terdiri dari beberapa jenis, dan salah satu yang diklaim sebagai benih ikan bermutu adalah ikan nila Larasati. Ikan ini tidak hanya mudah dari sisi perawatan karena tahan terhadap berbagai jenis penyakit, melainkan juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Bahkan, ikan nila Larasati dikatakan punya daging yang lebih tebal dibandingkan ikan nila pada umumnya.

“Banyaknya keunggulan yang dimiliki nila Larasati itu mengakibatkan banyak pula penggemarnya. Tak heran, sejumlah petani ikan ramai-ramai memesan nila Larasati, seperti dari daerah Soloraya, Jatim, Batam, Kalimantan, dan lain sebagainya,” kata Kepala Tata Usaha Satker Perbenihan dan Budidaya Ikan Air Tawar Janti, Klaten, Sih Martoyo. “Harga benih ikan nila Larasati juga sangat terjangkau masyarakat.”

Hingga sekarang, benih ikan di pusat pembenihan di Janti itu dinilai masih stabil meski berlangsung musim kemarau. Di lokasi seluas 2,8 hektare itu, terdapat sejumlah paket indukan yang tertampung dalam satu . Setiap terdiri dari 100 indukan jantan dan 300 indukan betina. Sejauh ini, Satker yang menginduk di Pemerintah Provinsi Jateng itu memproduksi sedikitnya 200.000 benih ikan nilaLarasati per pekan.

Loading...