Ikan Hias Berwarna Eksotis, Segini Harga Channa Gachua

Ikan hias Channa Gachua - gerava.com

JAKARTA – Banyak varian yang dapat dipilih jika Anda hendak memelihara di . Salah satu yang punya penampilan cukup eksotis adalah channa gachua atau sering juga disebut bogo. Ia adalah ikan predator yang memangsa ikan-ikan berukuran lebih kecil, berudu, dan sebagainya, serta masih termasuk anggota suku Channidae (kerabat gabus). Jika berminat, ikan channa gachua relatif terjangkau.

Punya tubuh relatif kecil, ikan ini juga sering juga disebut dengan Dwarf snakehead, Frog snakehead, dan Brown snakehead. Di beberapa daerah , ia juga kerap dinamai gabus, bogo, hejo gado, bogo benguk, hingga kutuk benguk. Di , ikan ini telah menyebar luas mulai Sumatra (termasuk Nias, Bangka, Belitung), Kalimantan, Jawa (termasuk Bawean), dan Madura.

Jika Anda berminat, sudah banyak toko yang menjual ikan channa gachua. Untuk yang berukuran kecil atau masih anakan, dengan harga mulai Rp3.000 hingga Rp15 ribuan per ekor. Sementara, harga sedang mulai Rp25 ribuan per ekor. Apabila Anda ingin merawat yang besar, harganya sekarang sekitar Rp50 ribu hingga Rp150 ribuan per ekor.

Ikan channa gachua sendiri sering dipilih banyak pencinta ikan hias untuk dipelihara di akuarium karena memiliki corak kulit yang indah. Namun, untuk bisa mendapatkan kulit ikan yang keren, cara merawat varian ini pun harus benar. Sementara, apabila masih kecil atau anakan, ikan ini punya kulit cenderung berwarna kecokelatan dengan sisi atas berwarna lebih gelap.

Meski tergolong kerabat ikan gabus, namun channa gachua jarang dikonsumsi. Tidak seperti ikan gabus yang memang punya rasa tergolong lezat. Selain itu, ikan ini juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Tidak mengherankan jika kemudian ikan gabus dikatakan punya beragam , termasuk untuk para ibu hamil yang kekurangan protein.

“Apabila kadar albumin pada tubuh rendah, maka janin akan mengalami malnutrisi yang membuat perkembangan janin terhambat serta bayi lahir dalam keadaan kekurangan gizi,” jelas CEO Nucleus Farma, Edward Basilianus, dilansir Suara. “Ikan gabus memiliki kandungan protein paling tinggi dibandingkan putih telur ataupun kacang-kacangan dengan fraksi albumin sebesar 64,61%. Albumin yang terkandung di dalam ikan gabus relatif lebih tinggi dibandingkan ikan lainnya.”

Loading...